Wednesday, 23 October 2019

Cegah Macet Terulang, Menteri PUPR Janji Percepat Tol Trans Jawa

Senin, 11 Juli 2016 — 18:24 WIB
Kemacetan di Brexit.pada arus mudik Lebaran idul Fitri yang lalu

Kemacetan di Brexit.pada arus mudik Lebaran idul Fitri yang lalu

JAKARTA (Pos Kota)-Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berjanji akan mempercepat penyelesaian pembangunan tol Trans Jawa. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi  kemungkinan terulangnya kemacetan parah di Gerbang Tol Brebes Timur.

“Paling tidak hingga ke Pemalang atau Batang dan Semarang bisa segera diselesaikan. Gerbang tol Brebes Timur itu kan bukan gerbang utama terjadi memang terlalu sempit untuk menampung arus kendaraan yang   demikian besar,” katanya, usai halal bi halal dengan pegawai Kemen PUPR, kemarin.

Kendati demikian dia berjanji akan mengevaluasi secara menyeluruh. Sebab persoalan kemacetan memiliki banyak penyebab yang tentunya tidak bisa hanya diselesaikan oleh Kementerian PUPR,

“Kemacetan kan faktor penyebabnya banyak. Dengan demikian untuk mengatasinya diperlukan kerjasama yang erat antara lembaga,” katanya.

Diakui Basuki, jika pembangunan tol belum tuntas potensi kemacetan akan terus ada. Sebab arus lalu lintas menjadi timpang antara di jalan tol dengan arteri.

Inilah yang sering terjadi saat kemacetan parah berlangsung seperti di gerbang tol Brebes Timur beberapa waktu  lalu. Gerbang tol Brebes Timur yang relatif sempit beberapa waktu lalu tidak mampu menerima limpahan kendaraan yang sangat tingi.

Biasanya di jalan tol kendaraan bisa  dipacu dengan kecepatan tinggi serta jalannyapun lebar. Tiba-tiba pengendara mengurangi kecepatan secara drastis akibat terjadinya penyempitan.

Kondisi ini membuat kendaraan menjadi terkonsentrasi di lokasi yang sempit sehingga kemacetan tidak terhindarkan. Karena itu jika Trans Jawa sudah tersambung maka tidak ada lagi ruas jalan yang tersumbat.

Saat tol Semarang-Solo sudah hampir nyambung dengan dikebutnya ruas Bawen Salatiga. Jika semua selesai maka pemudik nantinya  keluar tol jika sudah dekat ke kampung halamannya. Dengan demikian simpul-simpul kemacetan sebagian besar sudah dilewati. (faisal)