Sunday, 15 December 2019

Bermodus Pura-pura Petugas PLN, Dua Pemuda Curi di Rumah Kosong

Jumat, 15 Juli 2016 — 15:47 WIB
Barang bukti curian (angga)

Barang bukti curian (angga)

DEPOK (Pos Kota) – Dua pemuda mencuri di rumah kosong dengan modus pura-pura sebagai petugas PLN . Keduanya menjalankan aksinya di satu rumah kosong di Jalan Persahabatan, RT.001/010, Sukmajaya Kota Depok, Kamis (14/7) malam.

Kedua pelaku adalah Heru Febriansyah,26, dan Windu Heryadi,30, masing-masing warga Kampung Bojong Lio, Sukmajaya, tamatan SMP. Keduanya tertangkap warga setelah menyatroni rumah Narsun,53, masuk dengan cara mencongkel jendela.

Pelaku beraksi dengan mencongkel jendela itu sekitar pukul 21:00. Pada saat akan membawa barang hasil curian ke motor berhasil kepergok warga.

“Pada waktu bersamaan ketika pelaku yang sudah dikepung massa, bertepatan dengan petugas buser Polsek Sumajaya yang sedang observasi di sekitar kejadian. Maka, langsung pelaku ditangkap dan diamankan ke Polsek Sukmajaya,” ujar Kapolsek Sukmajaya, Kompol Supriyadi mengatakan kepada Pos Kota di ruang kerjanya, Jumat (15/7) siang.

Mantan Kanit Krimum Polresta Depok ini mengaku, pelaku baru sekali mengincar rumah kosong yang ditinggal mudik pemiliknya dengan mengenakan seragam PLN untuk mengelabuhi.

“Pelaku bermodus berpura-pura seperti petugas PLN, melihat rumah kosong langsung beraksi memanjat pagar rumah dan langsung mengosongkan barang yang ada di rumah seperti TV, kulkas, dan VCD,” tambahnya.

Kapolsek menghimbau kepada warga supaya lebih teliti dahulu kira orang yang mengaku petugas dari suatu instansi untuk memeriksa surat tugas.

“Sekitar lokasi kejadian warganya giat melakukan pengamanan sistem Pamswakarsa. Untuk menghukum kedua pelaku kita kenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan dengan ancaman lima tahun penjara,” tutupnya. (Angga/win)