Tuesday, 12 November 2019

Mahasiswa UI Berhasil Buat Mobil Bertenaga Listrik

Senin, 18 Juli 2016 — 13:31 WIB
Rektor UI Muhammad Anis bersama dekan fakultas Teknik UI mengecek kendaraan city car urban bertenaga motor listrik paduan inverter menjadikan mobil ramah lingkungan (angga)

Rektor UI Muhammad Anis bersama dekan fakultas Teknik UI mengecek kendaraan city car urban bertenaga motor listrik paduan inverter menjadikan mobil ramah lingkungan (angga)

DEPOK (Pos Kota) – Sebagai inovasi terobosan putra bangsa, mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Fakultas Teknik telah berhasil membuat kendaraan mobil dan bus konvensional berbahan bakar diubah menjadi listrik.

Salah satu Tim Mobil Listrik Nasional Universitas Indonesia (Molina UI), Indra Putranto,21, mahasiswa semester 8 jurusan Teknik UI, mengatakan dalam membuat jenis mobil Makara Elektrik Vehicle Mev.01 atau setara city car banyak menemui kendala. Baik dalam pengerjaan perubahan mesin maupun sperpart untuk dasar motor listrik.

Menurut Indra, dalam melilit kuningan tembaga ke bagian komponen motor listrik sangat sulit. Jika tidak hati-hati dan cermat, akan bisa terbakar dan rusak sehingga membuat pengisian listrik tidak maksimal dan tidak dapat membuat mobil jalan.

“Untuk proses pelilitan tembaga ke salah satu komponen dalam motor listrik membutuhkan waktu seminggu. Sampai menjadi sebuah motor listrik yang sempurna membutuhkan waktu pengerjaan tiga bulan untuk bisa membuat mobil jalan bertenaga listrik,”ujarnya kepada Pos kota saat dikonfirmasi.

DOSEN PENDUKUNG

Mahasiswa berambisi menjadi tekno plainer ini mengatakan mobil prototaipe yang dikerjanya bersama sejumlah dosen pendukung mengerjakan mobil city car yang biasa digunakan untuk sehari-hari tenaga bahan bakar diganti menjadi listrik.

“Untuk penyediaan motor listrik masih sulit didapatkan, kita masih import dari sejumlah negara China, Taiwan, dan Amerika. Selain motor listrik seperti komponen lainnya kita buat sendiri,”ungkapnya.

Mobil prototipe yang dibuatnya, Indra mengklaim hasil karyanya tersebut jika dicarger selama dua jam dengan kapasitas 25 KW dapat menempus jarak 40 kilometer atau setara mengelilingi lingkungan kampus UI sebanyak 8 kali.

“Selain ramah lingkungan dan juga tidak bersuara, mobil listrik ini lebih aman jika dibandingkan dengan yang berbahan bakar minyak,”paparnya.

Sementara itu, Rektor UI, Muhammad Anis mengungkapkan sebagai memperingati Dies Natalise FT UI ke-52 pada tanggal 18 Juli. Dosen dibantu serta mahasiswa telah mempersembahkan maha karya kreatif tim membuat Mobil Listrik Nasional Universitas Indonesia (Molina UI).

“FT UI telah berhasil membuat kendaraan konvensional menjadi tenaga listrik seperti bus penumpang, city car urban, mobil niaga,”paparnya.

Anis menambahkan perakitan Molina ini dibiayai langsung dari Lembaga Pemberian Dana Beasiswa (LPDP) melalui program pengembangan riset industri strategis Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Kendaraan yang sudah ada masih uji coba atau prototaipe. Tim Molina masih menyempurnakan untuk kendaraan bus khususnya nanti pada 3 atau 5 tahun kedepan sebanyak 10 bus transportasi yang dimiliki UI akan menggunakan tenahga listrik. Sesuai moto green kampus (kampus hijau),”tambahnya.

(angga/sir)