Wednesday, 23 October 2019

Puluhan Bangunan Liar Dibongkar, `Pak, Tolong Beri Waktu…`

Kamis, 21 Juli 2016 — 12:49 WIB
Camat Menteng Dedi memimpin pembongkaran bangunan di Jalan Menteng, Kebon Sirih. (Joko)

Camat Menteng Dedi memimpin pembongkaran bangunan di Jalan Menteng, Kebon Sirih. (Joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 26 bangunan liar di atas saluran Jalan Menteng RW 07 Kelurahan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, dibongkar tim gabungan Kecamatan Menteng. Sebagian warga turut membongkar sendiri bangunannya, sebelumnya dirobohkan petugas yang membawa palu, linggis, gergaji, dan lainnya.

“Pak tolong beri waktu sebentar, biar saya bongkar sendiri bangunannya, supaya material bisa saya jual ke lapak,” ujar Edi, salah satu pemilik bangunan, Kamis (21/7). Dia dan sejumlah warga lainnya membongkar bangunan milik masing-masing. “Kalau petugas yang membongkar, semuanya hancur-lebur,” timpal warga lainnya.

Pembongkaran yang mengerahkan 80 personil gabungan, termasuk unsur TNI dan polisi, dipimpin Camat Menteng, Dedi Arief. “Puluhan bangunan ini dibongkar karena menyumbat saluran air dan mengganggu ketertiban umum. Sebagian bangunan juga memakan lahan trotoar maupun badan jalan, sehingga mengganggu pejalan kaki. Keberadaan bangunan liar ini banyak diprotes masyarakat,” ujar Dedi.

Menurutnya bangunan semuanya yang dibongkar 26 unit. “Lahan di depan lokasi akan dibangun RPTRA yang sangat bermanfaat bagi warga setempat,” jelas Dedi.

Sebelum melakukan penertiban pihaknya sudah memberikan sosialisasi terlebih dahulu serta memberikan surat peringatan. “Kalau ada pemilik bangunan yang mengaku tidak diberitahu, itu hanya mengada-ada,” pungkasnya.

(joko/sir)