Monday, 21 October 2019

Kangen Masakan Khas Pekalongan? Yuk ke Tauto Pekalongan ‘Nino’

Rabu, 27 Juli 2016 — 14:51 WIB
Rumah makan Tauto Pekalongan 'Nino' Tebet. (santosa)

Rumah makan Tauto Pekalongan 'Nino' Tebet. (santosa)

JAKARTA (Pos Kota) – Cukup mendatangi rumah makan Tauto Pekalongan ‘Nino’ yang berlokasi di Jalan Tebet Timur Dalam Raya No.3 Jakarta Selatan, pengunjung serasa  diajak bernostalgia ke sebuah kota kecil ditepian pantai utara (Pantura) Jawa Tengah, yakni kota Pekalongan.

Pasalnya, Lukman Bilfaqih selaku pemilik, banyak membawa sebagian kenangan masa lalunya di kota Pekalongan tersebut. Bukan hanya lewat buku sejarah masa lampau atau barang-barang khas sebagai ornamen rumah makannya tersebut. Khas baju batik Pekalongan pun dijual di situ.

“Yang pasti di Tauto Pekalongan Nino ini, bisa jadi tempat simpul warga asli Pekalongan yang merantau atau sudah sukses di Jakarta. Mereka mulai dari pejabat, kalangan profesional sampai masyarakat biasa,” kisah Lukman saat ditemui Poskotanews.Com.

Dari menu dan makanan yang tersedia, tambah dia, tak hanya Tauto yakni soto dengan bumbu khas tauco saja. Atau Megono Komplit saja. “Di sini juga tersedia sajian andalan, Sotong dan Teh Bandulan yang lagi digemari pelanggan,” kata Lukman lagi.

Dipaparkannya bahwa di Tauto Pekalongan ‘Nino’ selalu mencoba dengan menu-menu kreatif. Dengan begitu, bisa menjadi daya tarik agar pengunjung terus merasa kangen akan kekhasan menu makanan dan minuman khas Pekalongan.

“Teh Bandulan dibuat tanpa bahan pengawet. Tapi, direbus bersama daun melati. Begitu pula Sotong sebagai menu baru yang kini jadi idola pengunjung,” sebutnya. Soal harga? Minuman berkisar Rp. 5 – Rp. 15 ribu. Sedang makanan antara Rp.21 – Rp. 45 ribu. (santosa/mb)