Saturday, 19 October 2019

TKA Asing Asal Cina Serbu Perusahaan Garmen di Sukabumi

Rabu, 27 Juli 2016 — 19:44 WIB
kab.sukabumi

SUKABUMI (Pos Kota) – Sedikitnya 215 tenaga kerja asing (TKA) asal Cina tercatat bekerja di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Mereka kebanyakan bekerja di perusahaan pakaian jadi alias garmen.

Jumlah pekerja asal Negara Tirai Bambu itu mendomonasi TKA di sukabumi dibanding pegawai asing lainnya. Dari data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), selama tahun ini hingga Juni, ada 215 orang TKA asal Cina. Rinciannya, 178 TKA asal Cina sudah menetap bekerja, sisanya baru datang.

Total TKA yakni sebanyak 490 orang. Selain dari Cina, TKA itu sebanyak  dari Korea Selatan sebanyak 133 orang, Taiwan 88 orang,  Thailand 27 orang, Malaysia 3 orang, India 6 orang, Jepang 4 orang, Philipina 4 orang, Mesir 4 orang, dan Sudan 3 orang.

“Hampir 50 persennya TKA berasal dari Cina. Mereka mayoritas berasal dari garmen,” kata Kepala Seksi Penyediaan dan Penempatan Tenaga Kerja dalam Negeri Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Tatang Arifin.

Mereka, kata Tatang, kebanyakan TKA asal Cina itu dipekerjakan di jabatan menengah, seperti ahli teknisi. Meskipun TKA asal China mendominasi di Kabupaten Sukabumi namun masa bekerja TKA asal China itu cukup singkat. Selain itu, masa kerjanya tidak bisa diperpanjang lagi. “Untuk TKA asal China, Taiwan, dan India masa kerjanya dibatasi hanya enam bulan,” tuturnya. (sule/win)