Sunday, 17 November 2019

Ahok: RSUD Koja Sudah Bisa Terbitkan Akte Lahir Bayi

Minggu, 31 Juli 2016 — 10:24 WIB
Gubernur Ahok di Balaikota DKI Jakarta. (Joko)

Gubernur Ahok di Balaikota DKI Jakarta. (Joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan keprihatinannya hingga saat ini masih banyak anak yang tidak punya akte kelahiran. Hal itu akan menyulitkan masa depan anak, terutama ketika mau masuk sekolah atau keperluan administrasi lainnya.

“Pemerintah yang membiarkan anak-anak ‘bodong’ tanpa surat kependudukan, sama saja merampas hak orang,” kata Ahok di kawasan Monas, Jakarta.

“Saya telah memerintahkan sejumlah rumah sakit milik pemerintah di Jakarta untuk langsung memberikan akte kelahiran kepada bayi yang baru lahir,” sambungnya.

Untuk itu, Ahok minta kepada para orangtua untuk menyiapkan nama calon anak yang akan lahir. “Persiapan nama ini penting, karena saat bayi masih berada di rumah sakit, sudah mendapatkan akte kelahiran yang telah disiapkan oleh rumah sakit bekerja sama dengan Dinas Dukcapil. Karena penertiban akte kelahiran harus ada nama anak yang bersangkutan,” ujar Ahok.

Pemberian akte kepada anak yang baru lahir, kata Ahok, sudah bisa direalisasi di RSUD Koja, Jakarta Utara. “Akte langsung dicetak di rumah sakit tersebut. Program ini nantinya akan diperluas di seluruh rumah sakit yang melayani persalinan,” tambahnya.

Pada kesempatan ini Ahok juga mengimbau para orangtua miskin untuk mengurus jaminan BPJS Kesehatan. “Kalau gak mampu bayar BPJS mandiri, silakan mengajukan permohonan BPJS miskin yang mana preminya akan dibayar pemerintah. Jadi, kalau bayinya sudah dibawa pulang ternyata sakit, bisa dibawa lagi ke rumah sakit dengan jaminan BPJS tadi,” kata Ahok.
(joko/sir)