Wednesday, 23 October 2019

Ganjil-Genap Banyak Dilanggar, Ahok: Santai Saja

Senin, 1 Agustus 2016 — 16:44 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (julian)

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (julian)

JAKARTA (Pos Kota) – Banyak pengendara masih mengabaikan sistem ganjil-genap. Padahal pemberlakuan uji coba sistem ini sudah diterapkan sejak pekan lalu. Namun, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama masih memakluminya.

“Ya kan namanya juga masih sosialisasi satu bulan. Santai saja,” kata pria yang akrab dipanggil Ahok itu, di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2016).

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu juga optimistis sistem ganjil-genap bisa menjadi kebijakan alternatif meminimalisir masalah kemacetan di ibukota. “Lama-lama juga jadi,” imbuhnya.

(Baca: Uji Coba Ganjil-Genap Pengemudi Banyak Bingung)

Pemprov DKI Jakarta mengujicobakan sistem ganjil-genap selama sebulan atau mulai Rabu (27/7/2016) hingga Jumat (26/8/2016). Kebijakan ini diterapkan sebagai pengganti peraturan 3in1 yang sudah dihapuskan karena dinilai banyak dimanfaatkan oleh joki yang mengeksploitasi anak-anak.

Rencananya Ahok menerapkan peraturan ganjil-genap tidak untuk selamanya. Sebab, mantan Bupati Belitung Timur ini lebih tertarik menerapkan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) yang saat ini masih dalam proses lelang. (julian)