Saturday, 07 December 2019

Ratusan Ribu E-KTP di Tangsel Numpuk di Kantor Disdukcapil

Rabu, 3 Agustus 2016 — 13:06 WIB
E KTP milik warga Kota Tangsel yang masih bertumpuk di kantor Disdukcapil setempat. (anton)

E KTP milik warga Kota Tangsel yang masih bertumpuk di kantor Disdukcapil setempat. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Entah malas, menganggap sepele, punya identitas lain atau tak punya waktu ratusan ribu warga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) hingga kini belum mengambil E KTP yang sudah selesai dicetak hingga tahun 2016 ini di kantor Disdukcapil setempat. Walikota Tangsel minta jajaran kecamatan dan kelurahan untuk mengambil, menyampaikan dan menyerahkan ke warganya.

“Kemungkinan besar warga yang sudah melakukan perekaman identitas untuk membuat E KTP selama ini tak punya waktu untuk mengambil E KTP sendiri di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat,” kata Umar, warga Ciputat, Rabu (3/8).

Penumpukan E KTP yang sudah jadi di kantor Disdukcapil Kota Tangsel yang sampai saat ini belum diambil oleh pemilik, tambah dia, selain tak punya waktu selama ini kebanyakan E KTP yang sudah jadi diantar pengurus RT atau RW setempat.”Yang jelas kalau memang bertumpuk tentunya ada kesalahan prosedur dalam penangganan E KTP warga di Kota Tangsel mulai dari Disdukcapil, Kasie Disdukcapil di kecamatan dan kelurahan,” tuturnya.

“Ngak mungkin warga atau masyarakat untuk datang sendiri ke kantor Disdukcapil setempat mengambil E KTP sendiri,” tambah Ny. Subianto, warga Pamulang biasanya juga E KTP diambil petugas kelurahan dan kemudian diserahkan ke pengurus RT dan RW baru dilanjutkan ke warga sesuai alamatnya.

WALIKOTA KECEWA

Masalah penumpukan E KTP milik warga yang sudah jadi, diakui Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Toto Sudarto, yang menggatakan ada sekitar 400 ribu E KTP milik warga dari 54 kelurahan masih belum diambil pemilik di kantor tersebut. “Kalau tak salah ada sekitar 400 ribu lembar E KTP yang sudah dicetak tahun ini,” tuturnya.

Pihaknya juga sudah menghimbau ke Camat dan Lurah yang ada di Kota tangsel untuk secepatnya menindaklanjuti pendistribusiannya E KTP yang sudah selesai dicetak ke warga, tuturnya ini kami sampaikan agar tak ada salah informasi berkaitan perekaman E KTP yang sudah dicetak dan pelayanan juga dilakukan secara gratis.

Dari data yang ada, tambah dia, pihaknya sudah menerbitkan sekitar 1,2 juta lembar E KTP, 501 ribu lembar Kartu Keluarga dan 826 ribu jiwa telah melakukan perekaman E KTP. “Masih ada kekurangan sekitar 95 ribu jiwa warga yang belum melakukan perekaman E KTP di Kota Tangsel untuk secepatnya mendatangi kantor kelurahan sesaui dengan domisili mereka,” imbuhnya.

Menanggapi bertumpuknya E KTP milik warga yang sudah jadi di kantor Disdukcapil setempat, Walikota tangsel Airin Rachmi Diany, mengaku heran serta minta jajaran Disdukcapil setempat secepatnya menginformasikan ke jajaran di tujuh kecamatan dan 54 kelurahan yang ada agar secepatnya diberikan warga.

“Saya sudah minta semua camat dan lurah termasuk Disdukcapil jangan diam saja dan dibiarkan bertumpuk menunggu diambil warga,” ujarnya kecewa sambil menambahkan tak mungkin mereka mau datang jika tak diinformasikan serta rumahnya dekat dengan kantor Disdukcapil untuk mengambil E KTP tersebut.

(anton/sir)

Terbaru

Jejeran kendaraan di salah satu area parkir di Jakarta. (ist)
Sabtu, 7/12/2019 — 16:06 WIB
Dorong Realisasi Target Pajak Rp44,4 T
Sah! BBN-KB DKI Jakarta Naik jadi 12,5 Persen per 11 Desember 2019