Wednesday, 20 November 2019

Ahok Klaim Penyerapan APBD Tahun Ini Paling Baik

Jumat, 5 Agustus 2016 — 16:37 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.  (ikbal)

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengklaim penyerapan APBD DKI pada semester pertama tahun 2016 relatif berjalan baik, bahkan paling baik. Hingga saat ini penyerapan anggaran sudah mencapai Rp 19,8 triliun atau sekitar 33 persen dari total Rp 67,1 triliun.

Menurutnya penyerapan APBD DKI sekarang lebih baik dan paling besar. “Kita sudah mencapai 33 persen. Itu nggak kecil. Kalau dibandingkan dari tahun ke tahun, angka ini merupakan terbesar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya pada periode yang sama,” kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (5/8).

Meski sempat disindir Presiden Jokowi bahwa penyerapan anggaran di Pemprov DKI lebih rendah dibandingkan daerah lain, namun Ahok mengklaim ini yang terbaik.

“Penyerapan anggaran tahun ini, pada semester pertama tercatat paling tinggi dibandingkan dengan periode sebelumnya. Tahun ini kami punya penyerapan anggaran paling tinggi bahkan kami  khawatir kehabisan uang,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Ahok menjelaskan minimnya uang yang tersedia karena penerimaan pajak saat ini menurun sehubungan situasi perekonomian dunia yang berdampak juga di Jakarta.

Ke depannya mungkin akan semakin menurun lagi jika  rencana untuk membebaskan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) direalisasikan. Meski besaran nilai lahan yang dibebaskan belum ditentukan, namun jelas akan mengurangi PAD.

“Kalau BPHTB untuk kelas tertentu dibebaskan, otomatis penghasilan kita juga turun. Tapi gak apa-apa, nanti bisa diatasi dari pendapatan lain,” tandas Ahok. (Joko/win)