Tuesday, 10 December 2019

Diduga Berencana Serang Singapura dengan Roket, Enam Orang Ditangkap

Jumat, 5 Agustus 2016 — 16:05 WIB
Singapura salah satu tempat terbaik di dunia untuk menetap (reuters)

Singapura salah satu tempat terbaik di dunia untuk menetap (reuters)

MABES POLRI memastikan telah menangkap enam orang terduga pelaku teror di Batam yang dituduh merencanakan akan serangan dengan menggunakan roket ke Marina Bay Singapura.

Juru bicara mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli mengatakan enam orang itu ditangkap pada Jumat pagi, diduga merencanakan serangan dari Batam ke Singapura. Mereka merupakan jaringan Bahrun Naim.
“Enam orang merupakan sel-sel dari kelompok jaringan Bahrun Naim di Batam, dan rencana mereka akan melakukan serangan ke Singapura itu diketahui melalui akun FB mereka, menggunakan roket peluncur dari Batam ke Marina Bay,” jelas Boy kepada BBC Indonesia.

Kepolisian masih menyelidiki rencana aksi serangan tersebut.

Sementara itu, dalam pernyataan yang dirilis Kementerian Dalam Negeri Singapura yang diterima BBC, menyebutkan mewaspadai rencana yang dibuat oleh tersangka pelaku teror yang telah ditangkap oleh otoritas Indonesia. Badan keamanan kami telah berkordinasi dengan pemerintah Indonesia sejak terungkapnya rencana serangan, untuk memantau aktivitas kelompok dan untuk menangkap mereka yang terlibat.

“Kami sangat berterimakasih atas kerja sama yang baik yang dilakukan pemerintah Indonesia dan aksinya untuk menangkap kelompok ini,” jelas pernyataan yang dikeluarkan juru bicara Kementerian Dalam Negeri Singapura.

Dalam merespon ancaman dan situasi ini telah dilakukan peningkatan keamanan di dalam wilayah dan perbatasan negara itu. Pemerintah Singapura juga meminta warga untuk waspada, terkait dengan acnaman serius dari para pelaku teror terhadap Singapura.

Boy juga mengatakan jaringan Katibah Nusantara – pimpinan Bahrun Naim di Batam juga berperan dalam mendatangkan orang-orang Uighur ke Indonesia, termasuk yang pergi Poso Sulawesi Tengah untuk bergabung dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Santoso.

Bahrun Naim merupakan orang yang disebut polisi sebagai dalang dari serangan di kawasan Thamrin Jakarta pada Januari 2016 lalu. Tetapi, Bahrun telah membantah keterlibatannya.

  • Kusuma Bangsa Sejahtera

    Siapa yang mendanai mereka harus diusut