Friday, 06 December 2019

Sha Ine Febriyanti Kenangkan 7 Tahun Meninggalnya WS Rendra

Jumat, 5 Agustus 2016 — 9:41 WIB
Sha Ine Febriyanti. (ist)

Sha Ine Febriyanti. (ist)

 

JAKARTA (Pos Kota) – Pentas Kesaksian Rendra 7 Tahun Mengenang Seniman Besar Indonesia akan digelar, Selasa (9/8/2016) di Altar Teater Amphi Taman Ismail Marzuki (TB-TIM), Cikini, Jakarta Pusat.

Sha Ine Febriyanti adalah salah satu penampil, memainkan karakter Maria Zaitun dalam membacaan sajak Nyanyian Angsa karya WS. Rendra. Ine ingin menghadirkan kejutan nasib dari perjalanan kehidupan tokoh Maria Zaitun, seorang pelacur tua yang meratapi nasibnya, mencari jatidiri dan mencari Tuhannya.

“Saya merasa beruntung dilibatkan di acara ini. Maka saya akan memainkan karakter itu dengan sebaik mungkin,” ujar Sha Ine Febriyanti, saat dijumpai di kediamannya, di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Persinggungannya dengan Begawan Sastra WS. Rendra tak berlangsung lama. Namun Ine mengaku banyak belajar dan menyerap pengetahuan, khususnya seni panggung. Awal mengenal WS. Rendra lebih dekat, ketika dia terlibat dalam proses latihan rencana pementasan Teater Nyai Ontosoroh di tahun 2006.

“Enam bulan saya ikut latihan. Walau tidak jadi ikut pementasan, tapi dari situ saya mendapatkan ilmu dari mas Willy (WS. Rendra) langsung. Terutama bagaimana mendalami sebuah karakter, penjiwaan dan bagaimana menguasai panggung. Dan ternyata ilmu itu bermanfaat dalam hidup saya sampai sekarang,” kata aktris yang pernah terlibat dalam pementasan teater Miss Julie (1999 dan 2012) serta Opera Primadona (2000) ini.

Selain Sha Ine Febryanti, mereka yang akan tampil antara lain, H. Deddy Mizwar, Butet Kertaredjasa, Sawung Jabo, Sutardji Calzoum Bachri, Putu Wijaya, Jenderal (Pur) H. Wiranto SH, Jockie Surjoprajogo, Teguh Esha, Awan Sanwani, Aning Katamsi, Untung Basuki, Anto Baret, Toto Tewel, Jose Rizal Manua, Nendra WD, Bambang Oeban, Grup Musik Sirkus Barock, Kelompok Ngamen 78 dan para seniman lainnya. (Anggara)