Thursday, 05 December 2019

Takut Longsor, Warga Perumahan Pesona Serpong Minta Tebing Diturap

Rabu, 10 Agustus 2016 — 7:47 WIB
.Kepala BPBD Kota Tangsel Uci Sanusi saat meninjau tanah longsor di Kademangan. (anton)

.Kepala BPBD Kota Tangsel Uci Sanusi saat meninjau tanah longsor di Kademangan. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Hujan yang menguyur Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sejak siang hingga malam hari membuat tanah di sekitar RW 08, Perumahan Pesona Serpong, Kelrahan Kademangan, Setu longsor hingga membuat panik warga sekitar.

“Tanah yang longsor persis di belakang rumah dua warga RT 03/08, Blok F 4 no 7 dan 8, Peumahan Pesona Serpong, hingga menutupi bagian belakang atau pagar rumah setinggi satu meter,” kata Abah, Selasa malam (9/8).Dirinya tak berani membuka pintu belakang rumahnya.
“Longsornya memang tak terasa hanya saat longsor rumah di bagian belakang khususnya dekat pintu bergoyang akibat ditertimpa tanah longsoran,” ujarnya yang berharap Pemkot Tangsel membuat tanggul pengaman di belakang perumahan setempat antisipasi longsor susulan.

“Tebing di atas dekat perumahan itu tak ada turap penunjang, ” tambah Ny. Ida, warga lainnya. Seharusnya pengembang perumahan tersebut sebelum membangun perumahan membuat turap terlebih dulu sehingga dapat menahan tanah yang longsor saat hujan.

Kepala Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, Uci Sanusi, mengakui adanya longsor di dekat Perumahan Pesona Serpong tapi tak parah “Saya sudah cek ke lokasi dan meminta bantuan BPBD Provinsi Banten melihat kondisi di lapangan untuk mengantisipasi sejak dini saja jika dibiarkan akan terjadi longsor susulan,” tuturnya.

“Anggota kita ada di sekitar lokasi guna terus mengontrol. Jika nanti ada longsor susulan dan membutuhkan bantuan, mereka akan segera tanggap untuk membantu warga sekitar,” ujarnya yang secepatnya akan mengeruk lumpur atau tanah di jalan pintas dari perumahan Pesona Serpong ke SDN 02 Kademangan yang tertutup tanah longsor. (anton)