Tuesday, 19 November 2019

Tantang Ahok, Tujuh Parpol Koalisi Besar Sepakat Cagub dari PDIP

Rabu, 10 Agustus 2016 — 11:27 WIB
Koalisi Kekeluargaan dari Rihadin 1

JAKARTA (Pos Kota) – Koalisi kekeluargan antara tujuh partai politik (parpol) di luar partai pendukung calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersepakat menyerahkan nama calon Gubernur kepada PDI Perjuangan (PDIP).  Cagub ini nantinya digadang untuk menantang Ahok.

Sedangkan untuk nama calon Wakilnya adalah Sandiaga Uno berdasarkan calon yang diusung Partai Gerindra. “Sudah disepakati wakilnya Sandiaga Uno. Itu sudah disepakati tujuh partai lain dan Gubernurnya dari PDIP,” ujar Ketua DPD Gerindra DKI Mohamad Taufik saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (10/8/2016).

Kesepakatan tersebut, dijelaskan Taufik, merupakan esensi dari arti kekeluargaan yang diusung tujuh partai, yakni PDIP, Gerindra, PKS, PPP, PKB, PAN, dan Demokrat.

Seluruh pimpinan partai, dikatakannya, dapat memahami posisi kursi masing-masing dan mempercayakan penentuan pasangan calon kepada PDIP dan Gerindra.

“Itu lah arti dari kekeluargaan. Apalagi PDIP, mereka punya kerendahan hati yang sangat baik. Dari hitungan kursi dia bisa mencalonkan pasangan sendiri, tapi dia justru bersedia berkoalisi dengan kami,” terang Taufik.

Dari hasil kesepakatan tersebut, sambung Wakil Ketua DPRD DKI itu, masing-masing pimpinan DPD akan membawa usulan nama calon kepada DPP. Taufik yakin, dengan strategi tersebut dapat menjegal calon petahana dalam kontestasi Pilkada DKI.

“Karena itu kami berharap secepatnya lah PDIP memunculkan nama,” ungkap Taufik. (guruh/win)