Sunday, 15 December 2019

Kapolres Depok Beri Penghargaan Kepada Anggota Pokdar

Senin, 15 Agustus 2016 — 7:49 WIB
Kapolresta Depok Kombes Harry Kurniawan memberikan penghargaan kepada anggota pokdarkamtibmas jajaran Polresta Depok yang berhasil ungkap kasus kejahatan. (ANGGA)

Kapolresta Depok Kombes Harry Kurniawan memberikan penghargaan kepada anggota pokdarkamtibmas jajaran Polresta Depok yang berhasil ungkap kasus kejahatan. (ANGGA)

DEPOK (Pos Kota) – Kapolresta Depok Kombes Harry Kurniawan memberikan penghargaan kepada tujuh anggota Pokdarkamtibmas jajaran Polresta Depok yang berprestasi mengungkap kasus kejahatan.

Menurut Kapolres, pemberian penghargaan tersebut sebagai apresiasi sekaligus kebanggaan meski bekerja secara sosial namun dalam menjaga keamanan di lingkungan tingkat kesadarannya tinggi.

“Seperti kasus penjambretan, perampasan motor, serta pelaku narkoba berhasil diungkap anggota pokdar. Kesadaran menjadi polisi bagi dirinya sendiri sesuatu yang sangat luar biasa walau bekerja secara sosial terutama menjaga lingkungan tetap aman dan kondusif,”ujarnya dalam pembukaan Rapat Koordinasi Kerja (Rakorker) Pokdarkamtibmas, Minggu (14/8) malam.

Kombes Harry mengaku anggota pokdar tergabung dari berbagi elemen masyarakat dan bermacam profesi tombak bagi masyarakat sama seperti Bhabinkamtibmas. Setiap ada kejadian atau peristiwa di lingkungan dapat langsung di informasikan.

“Sebagai deteksi dini antisipasi kejahatan, keberadaan pokdar sangat dibutuhkan di masing-masing polsek dan Kota Depok demi terwujudnya Harkamtibmas yang kondusif,” tambahnya.

Ketua Pokdar Kamtibmas Resort Polresta Depok, Ir.Djoko menambahkan pihaknya mempunyai 2.400 anggota terdiri dari sektor dan subsektor tersebar di 13 Kecamatan dan 78 Kelurahan di Kota Depok.

Sesuai Skep Nomor 661 Tahun 1992 diandendum Skep Kapolri Nomor 831 Tahun 2005 tentang keberadaan Pokdarkamtibmas sebagai mitra kepolisian dalam membantu menjaga Harkamtibmas.

“Rapat Koordinasi Kerja ke – 1 Pokdarkamtibmas bertujuan dirumuskan tata tertib Pokdarkamtibmas Kota Depok, selain itu Tata Tertib dalam pengembangan dari AD/ART pokdar tingkat daerah sekaligus menyeragamkan atribut seragam serta penandatanganan surat keputusan pengangkatan tingkat sektor dan sub sektor,”tutupnya. (Angga)