Friday, 06 December 2019

Diawali Bendera Pusaka Diarak dalam Kereta Kencana, Jokowi Pimpin Detik-detik Proklamasi

Rabu, 17 Agustus 2016 — 10:49 WIB
Maria Felicia Gunawan membawa bendera menuju Kereta Kencana yang kemudian kirab menuju Istana Merdeka. (toga)

Maria Felicia Gunawan membawa bendera menuju Kereta Kencana yang kemudian kirab menuju Istana Merdeka. (toga)

JAKARTA (Pos Kota) – Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2016). Acara diawali dengan diaraknya bendera pusaka dalam dengan menggunakan kereta kencana.

Sang Saka Merah Putih diarak dari tempat penyimpanannya di Monas menuju Istana. Dua anggota Paskibraka 2015 berada dalam kereta kencana itu. Seorang di antaranya adalah Maria Felicia Gunawan yang menjadi pembawa bendera pada acara serupa setahun lalu.

Upacara dihadiri mantan presiden Indonesia, kecuali Susilo Bambang Yudhoyono. Selain itu, petinggi negara, para tamu khusus serta perwakilan negara sahabat.

Setelah pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPD RI, Irman Gusman, acara dilanjutkan doa oleh Lukman Hakim Saifuddin. Berikutnya, 67 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibra) menjalankan tugas untuk menaikkan bendera.

Nilam Sukma Pawening, wakil DKI, dengan hati-hati dan teratur menaiki tangga satu per satu. Ia menerima bendera oleh Presiden Jokowi yang harus dibawanya untuk dikibarkan. Pengibaran bendera pun dilakukan dengan penuh khidmad dan tanpa cela.

Selanjutnya, atraksi udara dari TNI AU. Selanjutnya, lagu-lagu perjuangan oleh ratusan pelajar yang tergabung dalam Gita Bahana Nusantara. (yp)