Tuesday, 10 December 2019

180 Ribu Belum Rekam e-KTP, Dukcapil Gelar Layanan Keliling

Jumat, 19 Agustus 2016 — 20:22 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Dari sekitar 7 jutaan penduduk dewasa di DKI Jakarta, masih ada sekitar 180 ribu jiwa yang belum punya rekam data e-KTP.  Untuk itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta akan menggelar layanan mobil keliling di lima wilayah kota, hari Sabtu (20/8).

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Edison Sianturi, mengatakan, sistem pelayanan jemput bola menyasar ke kawasan yang masyarakatnya membutuhkan pelayanan di hari libur.

“Pelayanan yang dilakukan serentak di seluruh wilayah DKI meliputi perekaman data maupun pencetakan e-KTP atau KTP yang didukung fasilitas elektronik,” ujar Edison, Jumat (19/8).

Menurutnya, jumlah penduduk DKI Jakarta totalnya sekitar 10 juta jiwa. Adapun penduduk yang berusia di atas 17 tahun sekitar 7 juta. Dari kelompok ini yang sudah melakukan perekaman data e-KTP sekitar 6.820.000 jiwa, sisanya sekitar 180.000 atau tiga persennya belum terlayani. Untuk itu, Dukcapil menggelar layanan ekstra di luar jam kerja.

“Sistem jemput bola ini untuk melayani  warga yang kesulitan ke kantor kelurahan di jam kerja, maka kita layani pada hari liburan Sabtu ini. Warga  silakan datang ke lokasi pelayanan mobil keliling, di lokasi terdekat,” ujar Edison yang tengah memantau kesiapan tiap suku dinas di lima kota.

Adapun jadwal mobil keliing e-KTP untuk Jakarta Pusat, berlokasi  di RW 02 Kelurahan Cikini, Menteng. Untuk Jakarta Utara di Kelurahan Tanjung Priok. Lalu, untuk wilayah Jakarta Barat di RW 01 Kelurahan Krukut, Taman Sari.

Sedangkan wilayah Jakarta Selatan di RW 06 Kelurahan Pasar Minggu dan RT 13/01 Kelurahan Kramat Pela, Kebayoran Baru. Untuk Jakarta Timur,  di Rusun Rawa Bebek, Kelurahan Pulogebang, Cakung. “Semuanya siap melayani dari pagi hingga menjelang sore,” tandas Edison. (Joko/win)