Monday, 16 December 2019

Bagikan Makanan Tambahan, Jokowi Dialog Dengan Rakyat Sibolga

Sabtu, 20 Agustus 2016 — 14:25 WIB
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

JAKARTA (Pos Kota) – Presiden Jokowi berdialog dan  membagikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada anak-anak balita, ibu hamil, anak sekolah, penyandang disabilitas, lansia dan kader posyandu di halaman Puskesmas Aek Habil, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sabtu (20/8).

Presiden yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo secara simbolis meyerahkan PMT kepada beberapa perwakilan. Rafli, seorang siswa SD yang langsung melahap biskuit yang diberikan oleh Presiden. “Gimana rasanya? Enak?” tanya Presiden. “Enak,” jawab Rafli.

Kepada Delma, seorang ibu hamil, Presiden mengatakan agar PMT yang diterima dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Supaya anaknya sehat dan pinter. Tapi jangan ini saja, tambahkan telur, ikan. Sayurnya misalnya, singkong, kangkung,” kata Presiden.

Menurut Jokowi, PMT ini makanan tambahan untuk pendamping ASI ibu. Setelah membagi-bagikan PMT, Presiden mengatakan akan memberikan sepeda tapi harus menjawab terlebih dahulu pertanyaan yang diajukan dirinya. Memang siang itu, tampak terlihat tiga sepeda berada di sisi kiri halaman Puskesmas.

Presiden memanggil salah seorang warga yang tengah menggendong anaknya. Emilia, nama warga tadi. Lalu Presiden Jokowi bertanya kepada Emelia. “Berapa usia anak ini?” tanya Presiden.

Wanita itu pun dengan cepat menjawab pertanyaan sang Presiden itu. “Mau 5 bulan,” jawab Nona  disambut penuh perhatian masyarakat dan pejabat yang hadir di tempat itu.

Kemudian Jokowi bertanya kepada Emila “Anak ini selama ini diberi makan apa saja?” ucap Presiden. “ASI saja,” jawab Emelia dengan lugas dan kembali mengundang tawa.

Presiden pun dengan cermat mengamati bayi dalam gendongan itu, dan  melanjutkan ucapannya. “Bener,  ya, ya. Sudah, ambil sepedanya,” ucap Presiden. (Johara/win)