Sunday, 20 October 2019

Belum Dapat SKK dari Menkeu, Kejagung Tidak Dapat Gugat Sjamsul Nursalim

Minggu, 21 Agustus 2016 — 9:16 WIB
Kejaksaan Agung RI.(dok)

Kejaksaan Agung RI.(dok)

JAKARTA (Pos Kota) – Kejaksaan Agung, sampai kini belum dapat menggugat obligor Bank BDNI Sjamsul Nursalim terkait sisa utang BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia) sebesar Rp4,758 triliun. Hutang BLBI Sjamsul Nursalim sebesar Rp27,4 triliun.

Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Bambang Setyo Wahyudi beralasan hingga kini belum ada SKK (Surat Kuasa Khusus) dari Menteri Keuangan, untuk menggugat Sjamsul Nursalim.
“Sebagai jaksa pengacara negara (JPN), kita bersifat pasif dan tidak bisa mendatangi (klien),” kata Bambang saat dikonfirmasi wartawan, di Jakarta.

Dia menyatakan posisi JPN itu seperti pengacara, pada umumnya. Yang baru bertindak dan mewakili klien, sepanjang sudah ada surat kuasa dari klien.
“Selama belum ada SKK (dari kliennya, dari pemerintah dan badan usaha milik negara atau daerah,” terang

MENGGANTUNG

Rencana gugatan perdata kepada Sjamsul sempat mencuat di era Jaksa Agung Hendarman Supandji. Dimana Jamdatun saat itu Edwin P. Situmorang sangat gencar dan bahkan sudah membicarakan sampai pada eselon dua Kementerian Keuangan.

Munculnya sisa bayar Sjamsul ketika Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) ketika itu Kemas Yahya Rachman, menyatakan dugaan tindak pidana korpsi tidak terbukti.

Sebaliknya, Jampidsus bisa membuktikan utang BLBI Sjamsul belum lunas dibayar ke negara, yakni sebesa Rp4,758 triliun.

Tidak lama kemudian, Kejagung dikejutkan penangkapan Ketua Tim Penyelidik kasus BLBI Tri Urip Gunawan dan terbukti menerima suap sebesar 660 ribu dolar Amerika Serikat (AS) dari Sjamsul melalui ‘orangnya’ Arthalita Suryani. Urip divonis 20 tahun penjara.
(ahi/sir)

  • Fredi Kusumo

    Kalau di Cina koruptor ditembak mampus hartanya disita, kalau disini koruptor2 hidup enak di penjara beberapa tahun saja dan bisa jalan2 piknik spt Gayus Tambunan. sungguh menyedihkan bagaimana Indonesia bisa maju omong kosong belaka.

Terbaru

Posko Pengaduan Masyarakat (PPM) Kelurahan Glodok.
Senin, 21/10/2019 — 1:44 WIB
PPM Glodok Sepi Pengaduan Warga
Marcus Rashford merayakan gol yang dicetaknya untuk Manchester United. (reuters)
Senin, 21/10/2019 — 0:40 WIB
Diimbangi MU, Liverpool Tak Lagi Menangan
Peresmian bank sampah di RW 04 Rawa Bunga, Jatinegara. (ifand)
Minggu, 20/10/2019 — 23:58 WIB
Kelurahan Rawa Bunga kini Miliki 20 Bank Sampah