Monday, 14 October 2019

Ratusan Pelajar se-Tangsel Ikut Kejuaraan Pencak Silat

Senin, 22 Agustus 2016 — 8:53 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Mathoda saat membuka kejuaraan pencak silat tingkat SD dan SMP. (anton)

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Mathoda saat membuka kejuaraan pencak silat tingkat SD dan SMP. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Sedikitnya 411 murid SD dan SMP se Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti kejuaraan pencak silat memperbutkan piala Walikota Tangsel dari berbagai perguruan pencak silat seperti Tapak Suci, Perisai Diri, Al Azhar, Cempaka Putih, Cimande Pajajaran dan Cimande Maung.

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk untuk pencarian bibit atlit pencak silat di Kota Tangsel, kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel, mathoda didampingi Ketua Ikatan pencak Silat Indonesia (IPSI) Tangsel, Wiwi E Martawijaya,  di GOR Ciputat.

Olahraga pencak silat untuk Kota Tangsel tentunya taka sing lagi karena sudah dapat mengirimkan atlit ke kejuaraan tingkat propinsi maupun nasional. Selain untuk mencari bibit atlit pencak silat kalangan siswa SD dan SMP juga untuk lebih mengenalkan serta melestarikan seni budaya beladiri asli Indonesia.

Menurut dia, selain untuk menyehatkan tubuh siswa SD dan SMP serta melestarikan beladiri asli Indonesia kegiatan ini juga dapat memerangi masalah negative seperti tawuran antar pelajar, pekerlahian hingga penyalah gunaan obat terlarang atau narkoba yang belakangan semakin memprihatinkan di kalangan remaja.

Diharapkan kegiatan kejuaraan pencak silat kalangan pelajar tingkat SD dan SMP hendaknya dijadikan agenda tahunan untuk mencari bibit- olahraga pencak silat di Kota Tangsel.

“Terlebih yang mengikuti kejuaraan ini cukup banyak atau sekitar 43 SD dan 25 SMP di Kota Tangsel,” tuturnya yang berharap tahun mendatang kejuaraan pencak silat juga dilakukan untuk kalangan pelajar SMA dan sederajat.

(anton/sir)