Monday, 21 October 2019

Yusril Minta MK Tolak Uji Materi Ahok

Kamis, 15 September 2016 — 13:40 WIB
Yusril Ihza Mahendra

Yusril Ihza Mahendra

JAKARTA (Pos Kota) – Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang uji materi atau judicial review yang diajukan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, terkait UU Nomor 10 tentang Pilkada Tahun 2016 pasal 70 ayat 3 huruf ‘a’ yang mengatur tentang keharusan cuti selama kampanye bagi kepala daerah petahana yang akan kembali mengikuti pemilihan kepala daerah.

Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra menyampaikan pendapatnya di hadapan sidang. Ia menegaskan bahwa cuti kampanye di luar tanggungan negara tidak perlu penafsiran lagi.

“Tidak perlu penafsiran dalam UU Nomor 10 tentang Pilkada Tahun 2016 pasal 70 ayat 3 huruf a karena sudah sangat jelas dan terang benderang. Kata ‘harus’ sama dengan wajib dalam pasal tersebut. Dan ini bukan hasil penafsiran,” kata Yusril dalam pemaparannya di MK, Kamis (15/9/2016).

Ahok dalam uji materi membandingkan jabatan presiden dan gubernur. Jika gubernur harus cuti kampanye, maka presiden juga harus cuti kampanye jika akan mencalonkan diri kembali, karena itu sesuai konstitusi.

Namun Yusril membantah argumen tersebut, menurutnya, jabatan presiden dan gubernur itu berbeda meski sama-sama menjalankan roda pemerintahan.

“Presiden tidak wajib cuti. Bahwa masa jabatan presiden diatur oleh norma konstitusi sedangkan gubernur di atur oleh Undang-undang. Dan ketentuan cuti kampanye gubernur pertahana juga diatur undang-undang. Ini kedudukannya setara.” jelas Yusril.

Pada akhir argumen, mantan menteri hukum dan HAM ini meminta untuk menolak uji materi yang diajukan gubernur petahana.

“Atas dasar uraian yang saya kemukakan tadi, maka yang mulia, izinkan saya memohon kepada para yang mulia, untuk menolak seluruh permohonan yang diajukan oleh pemohon,” tutup Yusril.

Selain dihadiri pemohon dan pihak terkait, sidang yang di diketuai oleh hakim Arief Hidayat ini dihadiri pihak DPR, wakil pemerintah dam KPU.

(ikbal/sir)

Terbaru

Kasatpol PP Jakarta Selatan Ujang Hermawan.  (wandi)
Senin, 21/10/2019 — 8:55 WIB
Soal Panti Pijat Plus-Plus, Satpol PP Siap Sidak
Ilustrasi
Senin, 21/10/2019 — 8:45 WIB
Putus Sudah Urat Malunya
Joko Widodo mengucapkan sumpah jabatan saat pelantikannya sebagai Presiden RI periode 2019-2024. (timyadi)
Senin, 21/10/2019 — 8:17 WIB
Jangan Asal Pilih Menteri
Ilustrasi
Senin, 21/10/2019 — 8:04 WIB
Pemuda Curi HP Penghuni Rumah yang Tidur Pulas