Tuesday, 12 November 2019

Wagub Djarot: Puskesmas Harus Bisa Layani Pasien TBC

Selasa, 20 September 2016 — 18:30 WIB
Wagub DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. (julian)

Wagub DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. (julian)

JAKARTA (Pos Kota) – Puskesmas tingkat kelurahan di Jakarta diharapkan dapat melayani pasien tuberculosis (TBC). “Supaya masyarakat yang menderita penyakit ini bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan secara gratis,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat di Balaikota, Selasa (20/9/2016).

Untuk itu, Dinas Kesehatan DKI selaku yang berwenang dalam pengelolaan seluruh puskesmas di Ibukota agar melakukan inovasi pelayanan masyarakat. “Cukup banyak warga yang mengidap TBC. Jika mereka tidak mendapatkan perawatan tentu akan semakin kronis dan mudah menularkan kepada orang lainnya,” tambah Djarot.

Menurutnya, sudah waktunya seluruh puskesmas di Jakarta, baik tingkat kelurahan maupun kecamatan, memiliki fasilitas pelayanan TBC. “Saya ingin pelayanan kesehatan TBC bisa dilakukan di puskesmas kelurahan, kecamatan, serta rumah sakit umum kecamatan (RSUK), demi menolong penderita,” kata Djarot.

Ia menambahkan, petugas juga diminta untuk memberikan pemahaman mengenai penyakit TBC. “Sebab, penyakit ini membutuhkan pengobatan rutin dan terus-menerus selama enam bulan, sehingga diperlukan dukungan dari petugas kesehatan,” ujarnya. (joko)