Monday, 14 October 2019

Piala Liga Inggris

Sempat Tertinggal Dua Gol, Chelsea Taklukkan Leicester City 4-2

Rabu, 21 September 2016 — 4:21 WIB
Cesc Fabregas ciptakan dua gol di gawang Leicester City (reuters)

Cesc Fabregas ciptakan dua gol di gawang Leicester City (reuters)

INGGRIS – Di putaran ketiga Piala Liga Inggris, Chelsea mengalahkan tuan rumah Leicester City dengan skor 4-2, Rabu (21/9) dinihari WIB.

Dua gol Shinji Okazaki di menit ke-17 dan ke-34, dibalas gol Gary Cahill jelang akhir babak pertama dan gol Cesar Azpilicueta di menit ke-49.

Kedudukan imbang hingga 90 menit waktu normal, pertandingan memasuki babak tambahan. Fabregas langsung mencetak dua gol, di menit kedua dan keempat babak tambahan pertama.

Antonio Conte masih belum bisa menurunkan kapten John Terry di jantung pertahanan Chelsea namun Cesc Fabregas yang jarang diturunkan menjadi starter di laga tandang ini. Sedangkan Eden Hazard, Diego Costa dan Willian hanya menjadi pemain cadangan karena Conte mengandalkan Michy Batshuayi dan Ruben Loftus Cheek sebagai penyerang utama. Kiper Asmir Begovic yang belum pernah bermain di musim ini mendapat kesempatan membuktikan kemampuannya.

Leicester City juga melakukan rotasi pemain. Bek 19 tahun Ben Chilwell dan bek 36 tahun Marcin Wasilewski membantu Wes Morgan dan Danny Simpson di pertahanan, di depan kiper Ron-Robert Zieler. Demarai Gray dan Jeff Schlupp di sayap serangan membantu Ahmed Musa dan Shinji Okazaki sebagai penyerang utama.

Hanya lima menit pertandingan berjalan, Pedro yang mendapatkan umpan terobosan dari David Luiz berhasil memasukkan bola ke gawang Leicester. Namun hakim garis menyatakan Pedro dalam posisi offside saat menerima bola dan gol dianulir.

Chelsea yang mendominasi penguasan bola tidak mampu membongkar pertahanan tuan rumah. Justru menit ke-17 Leicester berhasil mengubah skor karena kesalahan Begovic. Berawal dari Azpilicueta yang berusaha membuang umpan silang Gray dari sisi kanan, bola melambung tinggi. Seharusnya Begovic mudah menangkap bola namun karena terlalu ragu-ragu, Okazaki terlebih dahulu menyundulnya masuk ke gawang Chelsea.

Menit ke-34, Okazaki kembali menaklukkan Begovic untuk mencetak gol keduanya. Setelah Andy King berhasil mengirimkan umpan terobosan, Okazaki yang lolos dari jebakan offside memasukkan bola ke gawang melewati atas kepala Begovic.

Menit ke-45 sesaat sebelum babak pertama usai, Chelsea berhasil menipiskan selisih gol. Berawal dari tendangan pojok Fabregas diteruskan dengan sundulan oleh Gary Cahill. Zieler yang mati langkah tak mampu mencegah bola menggetarkan jaring gawangnya.

Pasca turun minum, Chelsea berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-49. Berawal dari Wasilewski yang mencoba mengusir bola dari pertahanan Leicester, namun bola sundulannya justru diteruskan dengan tendangan voli Azpilcueta dari jarak 22 meter. Bola yang mengarah ke pojok atas gawang tak lagi bisa dihentikan kiper Zieler.

Berusaha menghindari perpanjangan waktu dan adu penalti, Conte menarik Loftus-Cheek dan memasukkan Diego Costa di menit ke-67 demi mempersegar serangan Chelsea. Menit ke-71, mantan pemain Atletico Madrid nyaris menciptakan gol setelah berhasil merebut bola liar. Hanya berhadapan dengan Zieler, sepakan lengkung Costa hanya melebar di sisi gawang Leicester. Peluang emas yang terbuang sia-sia.

Ranieri mengganti Okazaki dengan Leonardo Ulloa di menit ke-74 dan setelah sundulan King dari jarak dekat hanya melambung di atas mistar gawang Chelsea, Jamie Vardy menggantikan Musa di menit ke-75.

Menit ke-80, lulusan akademi Chelsea yang musim lalu dipinjamkan ke Napoli, Nathaniel Chalobah, masuk menggantikan Batshuayi. Ini adalah debut gelandang serang 21 tahun bersama Chelsea.

Setelah Zieler dua kali mementahkan sepakan Diego Costa, Leicester harus bermain sisa pertandingan dengan 10 pemain. Wasilewski yang mendapat kartu kuning kedua di menit ke-90 karena menyikut Diego Costa.

Kehilangan satu bek, Ranieri segera melakukan pergantian pemain terakhir dengan memasukkan Daniel Amartey menggantikan Demarai Gray.

Waktu normal 90 menit berakhir kedudukan masih imbang, membuat pertandingan memasuki babak tambahan.

Di babak tambahan pertama, Chelsea langsung menghentak dengan gol yang diciptakan Fabregas di menit ke-92. Umpan dari Diego Costa yang diteruskan oleh Fabregas berakhir di pojok atas gawang Leicester.

Hanya dua menit kemudian, kembali Fabregas memperlebar jarak dengan menciptakan gol keempat Chelsea. Hazard yang dimasukkan di menit ke-89 menggantikan Pedro mengirimkan umpan silang ke depan gawang Leicester. Amartey memblokir, membuat bola melambung tinggi. Fabregas yang berada dekat jatuhnya bola langsung mengirimkan sepakan keras ke gawang Leicester.

Di babak tambahan kedua, tidak ada gol tercipta dan pertandingan berakhir dengan skor 2-4 untuk Chelsea. Walaupun Leicester berhasil memimpin di awal babak pertama, namun tuan rumah tidak bisa mempertahankan keunggulannya dan Chelsea bisa memaksa pertandingan memasuki babak tambahan. Dua gol Fabregas di babak tambahan memastika Chelsea maju ke putaran keempat Piala Liga Inggris.

Leicester: Zieler, Simpson, Wasilewski, Morgan, Chilwell; Gray, Drinkwater, King, Schlupp; Musa, Okazaki.
Sub: Hamer, Benalouane, Amartey, Mahrez, Kapustka, Vardy, Ulloa

Chelsea: Begovic; Azpilicueta, Cahill, David Luiz, Alonso; Loftus-Cheek, Matic; Pedro, Fabregas, Moses; Batshuayi.
Sub: Courtois, Aina, Chalobah, Kante, Willian, Hazard, Diego Costa