Wednesday, 23 October 2019

Cegah Kecelakaan di Laut, Kemenhub Perketat Sertifikasi Kapal

Senin, 26 September 2016 — 8:47 WIB
A tug boat pulls a container ship at Tanjung Priok port in Jakarta

JAKARTA (Pos Kota) – Untuk mengantisipasi kecelakaan transportasi di laut, Kementerian Perhubungan akan memperketat proses sertifikasi kapal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS) mengatakan cuaca saat ini sudah memasuki musim penghujan dan berpotensi badai serta gelombang tinggi sehingga rawan kecelakaan.
Guna mencegah kecelakaan di laut BKS akan memanggil PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) untuk mendiskusikan masalah sertifikasi kapal.

“Sekaligus kami juga melakukan investigasi terhadap proses sertifikasi kapal apakah sudah dilakukan dengan baik atau tidak,” ujar Menhub.

Budi berharap sertifikasi kapal dapat berjalan lebih ketat dengan demikian kemungkinan penyebab kejadian kecelakaan kapal dapat diminimalisir sebab salah satu penyebabnya dikarenakan proses sertifikasi yang tidak sempurna.

“Keselamatan menjadi faktor yang sangat penting dalam mewujudkan konektivitas transportasi. “Tidak akan ada konektivitas, kalau safety-nya terganggu,” terang Budi.

Menhub juga mengingatkan jajarannya agar mengedepankan keselamatan transportasi dalam melaksanakan pelayanan, selain itu agar meningkatkan koordinasi dengan seluruh operator transportasi.

“Kalau hubungan kita dengan seluruh operator maka semua hal dapat tersampaikan dengan baik dan secara bekerjasama melaksanakan pelayanan dan mengedepankan keselamatan,” kata mantan Dirut Angkasa Pura II ini.
(dwi/sir)