Monday, 21 October 2019

Hari ini Sidang MK Uji Materi Gugatan Ahok

Senin, 26 September 2016 — 9:40 WIB
Ahok saat ikuti sidang di Mahkamah Konstitusi. (dok)

Ahok saat ikuti sidang di Mahkamah Konstitusi. (dok)

JAKARTA (Pos Kota) – Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini dijadwalkan akan kembali menggelar sidang uji materi UU Nomor 10 tentang Pilkada Tahun 2016 pasal 70 ayat 3 huruf ‘a’ yang mengatur tentang keharusan cuti selama kampanye bagi kepala daerah petahana.

Uji materi diajukan oleh gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang juga sebagai calon gubernur petahana.

Sidang akan dimulai pukul 11:00 wib dengan agenda mendengarkan saksi ahli dari pihak pemohon. Ahok memastikan akan hadir pada sidang tersebut. Pihaknya akan mengajukan tiga saksi ahli yang kesaksian yang menguntungkan dirinya.

“Bukan saya yang persiapan, ahlinya yang persiapan,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin (26/9/2016).

Saat pendaftaran pasangan calon du KPU DKI Jakarta, mantan Bupati Belitung Timur ini me menyertakan surat pernyataan cuti sebagai persyaratan.

” Iya kita ada masukin surat pernyataan, tapi dibawahnya ada pasal sambil menunggu keputusan MK,” tambahnya.

Pada sidang sebelumnya, pemerintahan dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyatakan menolak uji materi yang diajukan Ahok, begitupun juga dengan pihak terkait yakni Yusril Ihza Mahendra dan Habiburokhman.

Calon gubernur petahana ini menolak untuk cuti kampanye pada pilkada Jakarta 2017 mendatang dengan dalih ingin tetap bekerja. Sedangkan UU tentang pilkada mewajibkan gubernur inkamben cuti pada masa kampanye.

(ikbal/sir)