Monday, 16 December 2019

Gol Kontroversial Menangi Arsenal atas Burnley

Senin, 3 Oktober 2016 — 0:42 WIB
Pemain-pemain Arsenal rayakan kemenangan tas Burnley (reuters)

Pemain-pemain Arsenal rayakan kemenangan tas Burnley (reuters)

INGGRIS – Burnley yang menjamu Arsenal di Turf Moor harus menelan kekalahan 1-0 yang menyakitkan, Minggu (2/10) malam WIB dengan gol kontroversial.

Rapatnya pertahanan Burnley membuat Arsenal baru bisa mencetak gol di menit tambahan ketiga babak kedua. Laurent Koscielny berada di posisi offside saat mencetak gol tunggal pertandingan.

Berkat kemenangan satu gol yang berbau kontroversial, Arsenal kini berada di peringkat tiga, dua poin di bawah Manchester City yang berada di puncak klasemen.

Walaupun lebih dominan dalam penguasaan bola, Arsenal jarang mendapat peluang mencetak gol. Menit ke-16, Theo Walcott yang tidak dijaga pertahanan Burnley mencoba mengirimkan sepakan keras setelah mendapat bola dari Alexis Sanchez. Namun sepakan Walcott hanya melebar sisi kiri gawang tuan rumah yang dijaga Tom Heaton.

Burnley yang bertahan dengan baik baru mendapat peluang di menit ke-38 saat Sam Vokes yang lolos dari jebakan offside mendapat bola dari umpan lambung Matthew Lowton. Sayang sundulan striker asal Wales ini hanya melebar sisi gawang Petr Cech.

Alex Iwobi dan Walcott sebagai winger Arsenal tidak bisa berbuat banyak karena duet Ben Mee dan Michael Keane berhasil menjaga pertahanan Burnley dengan baik.

Di awal babak kedua, Arsenal langsung mendapat peluang mencetak gol. Setelah umpannya diblokir pertahanan Burnley, Alexis Sanchez merebut bola dan mencoba mengirimkan sepakan keras ke arah pojok gawang. Namun Heaton masih mampu bereaksi dengan cepat.

Cech dipaksa melakukan penyelamatan di menit ke-60 saat Johann Gudmundsson mencoba menyundul umpan silang dari Stephen Ward. Namun kiper asal Republik Ceko masih bisa menepis sundulan winger asal Islandia.

Arsenal yang mengejar gol kemenangan mencoba dari tendangan sudut yang diambil Santi Cazorla. Perebutan bola terjadi di depan gawang namun Sanchez yang mendapat bola, gagal memanfaatkanya dengan baik.

Burnley langsung membalas. Tendangan sudut yang diambil George Boyd yang diteruskan dengan sundulan Keane. Sayang sundulannya hanya mengenai mistar gawang.

Menit ke-85, umpan terobosan Sanchez diteruskan dengan sepakan lengkung Walcott namun bola hanya melayang di sisi gawang Burnley.

Memasuki menit tambahan ketiga, Arsenal mendapat peluang terakhir mencetak gol dari tendangan pojok. Sundulan Walcott ke depan gawang Burnley diteruskan dengan tendangan kaki kanan Laurent Koscielny. Sepakan dari jarak dekat tidak bisa dihentikan Heaton dan gol pun tercipta.(daus)

BURNLEY: Heaton; Lowton, Keane, Mee, Ward; Boyd, Defour, Hendrick, Marney; Gudmundsson; Vokes.
Subs: Robinson, Flanagan, Kightly, O’Neill, Bamford, Tarkowski, Arfield.

ARSENAL: Cech; Bellerin, Mustafi, Koscielny, Monreal; Cazorla, Xhaka; Walcott, Ozil, Iwobi; Sanchez.

Subs: Ospina, Gibbs, Gabriel, Holding, Reine-Adelaide, Elneny, Oxlade-Chamberlain.