Friday, 18 October 2019

Ini Dia Hal Yang Memberatkan Jessica

Kamis, 6 Oktober 2016 — 0:50 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota)- Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Jessica Kumala Wongso menyebut tidak ada hal-hal yang dapat membebaskan terdakwa dari pertanggungjawaban pidana ataupun alasan-alasan pemaaf atas perbuatan terdakwa.

“Oleh sebab itu dari pemberatan terdakwa tersebut maka terdakwa wajib mempertanggungjawabkan dan untuk itu terdakwa harus dijatuhi hukuman yang setimpal dengan perbuatannya,” ujar JPU Melani di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu, (5/10/2016) malam.

Dalam tuntutannya ada 5 hal yang memberatkan terdakwa Jessica Kumala Wongso sehingga dituntut 20 tahun pidana, sedangkan hal yang meringankan tidak ada.

Hal-hal yang memberatkan:

1. Atas meninggalnya korban Wayan Mirna Salihin dan membuat kepedihan yang mendalam terhadap keluarga yang ditinggalkan.

2. Perencanaan terdakwa untuk menghilangkan nyawa korban Wayan Mirna Salihin dilakukan secara matang sehingga menunjukkan keteguhan niat terdakwa untuk menghilangkan nyawa Wayan Mirna Salihin.

3.Perbuatan terdakwa sangat keji karena dilakukan terhadap temannya sendiri.

4.Perbuatan terdakwa tergolong tindakan sadis karena racun sianida yang digunakan untuk membunuh Wayan Mirna Salihin tidak langsung membunuhnya melainkan menyiksanya korban Wayan Mirna Salihin terlebih dahulu sampai akhirnya meninggal dunia.

5.Terdakwa berbelit-belit dalam memberikan keterangan, tidak mengakui dan tidak menyesal sedikitpun perbuatan terdakwa menghilangkan nyawa Wayan Mirna Salihin. Dan terdakwa membangun alibi guna mengalihkan fakta dan menyebarkan informasi menyesatkan guna menghambat proses penegakan hukum.

Hal-hal yang meringankan:
TIDAK ADA….

Setelah mendapat tuntutan dari JPU, ketua hakim Kisworo mempersilahkan Jessica untuk pengajuan pembelaan (pledoi) pada sidang lanjutan yang akan dilangsungkan pada 12 Oktober 2016 mendatang. (Yendhi)