Tuesday, 12 November 2019

22 Kg Shabu dan Ekstasi Dimusnahkan

Jumat, 7 Oktober 2016 — 17:36 WIB
Polres-Jakbar-Musnahkan-Narkoba-Senilai-Rp11-miliar

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 22 kilogram narkoba jenis shabu dan 24.893 butir pil ekstasi, dimusnahkan Badan Narkotika Nasional (BNN), Jumat (7/10/2016). Keseluruhnya itu, didapat dari lima kasus pengungkapan dalam kurun waktu lima bulan belakangan ini.

Deputi pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari mengatakan, pemusnahan barang bukti yang dilakukan pihaknya dari hasil pengungkapan selama satu bulan belakangan ini. “Totalnya, hari ini sebanyak 22 kilogram shabu dan 24.893 butir pil ekstasi, kami musnahkan,” katanya, di kantor BNN, Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur.

Menurutnya, semua barang bukti yang dimusnahkan itu didapat dari 13 pelaku dari lima kasus yang berbeda. Salah satunya kasus penangkapan pelaku di Sumatera dengan barang bukti 10,4 kilogram shabu yang berasal dari kalimantan di bawa ke Jakarta. “Jadi, karena bukti pemeriksaan dan laporan untuk diajukan sudah P21, makanya barang-barang ini kami musnahkan,” ungkapnya.

Sebelum dilakukan pemusnahan, BNN bekerjasama dengan BPOM melakukan pemeriksaan atau tes laboratorium. Hal ini untuk memastikan, karena barang yang disita, tidak berubah dan tidak ditukar. “Setelah itu baru semua narkotika itu kami bakar dengan menggunakan mesin incenerator,” paparnya.

Arman juga menyebut, pihaknya berusaha untuk terus menyampaikan transparasi penangkapan yang dilakukan kepada masyarakat. Hal itu agar publik tidak berfikir bahwa narkoba yang disita akan dipasarkan keluar kembali. “Makanya melalui pemusnahan ini, kami juga menghadirkan semua pihak terkait,” ujarnya.

Para pelaku itu pun nantinya akan dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 Jo pasal 112 ayat 2 dan pasal 132 ayat 1 UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika.”Dengan ancaman hukuman mati untuk para tersangka,” pungkasnya. (Ifand)