Tuesday, 10 December 2019

Akibat Pembuangan Limbah Pencemaran Kali CBL Parah

Minggu, 9 Oktober 2016 — 0:45 WIB
Kali CBL Bekasi tercemar

Kali CBL Bekasi tercemar

CIKARANG (Pos Kota) – Pembuangan limbah industri dan rumah tangga ke Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) Bekasi membuat kali ini tercemar berat. Badan Pengelolan Lingnkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Bekasi menyebutkan tingkat pencemaran di Kali CBL sudah mencapai titik nadir dan tak bisa digunakan buat keperluan sehari-hari.

Kepala BPLH Kabupaten Bekasi, Daryanto mengatakan tingkat pencemaran Kali CBL sudah sangat parah, karena limbah industri yang mengalir di sembilan Daerah Aliran Sungai (DAS) dibuang secara langsung ke Kali CBL.”Kadar keasaman Sungai Cileungsi sudah 7,31, artinya melebihi batas normal 6-7,” ujarnya, Sabtu (8/10)

Tingkat pencemaran dan kualitas air tersebut diakuinya fluktuatif yang berdasarkan musim. Misalnya jika kemarau kualitas air buruk, akibat pembuangan limbah. Menurutnya, selain limbah pabrik, limbah domestik rumah tangga juga turut menyumbangkan buruknya kualitas air di kali CBL.

Daryanto menambahkan, tingkat pencemaran sungai di Kali CBL itu berpengaruh pada sendimentasi sehingga kerap terjadi banjir. Oleh karena itu perlu dilakukan normalisasi di kali tersebut. “Untuk melakukan pengawasan terhadap aliran sungai, bidang pengawasan dan pengendalian BPLH kerap melakukan pengawasan terhadap perusahaan meski jumlah personil sangat terbatas” tandasnya.(lina)