Wednesday, 16 October 2019

Bayi Perempuan Masih Hidup Ditemukan Depan Masjid

Senin, 10 Oktober 2016 — 21:45 WIB
Bayi perempuan ditemukan depan mesjid langsung di inkubator di RSIA Asri. (dadan)

Bayi perempuan ditemukan depan mesjid langsung di inkubator di RSIA Asri. (dadan)

PURWAKARTA (Pos Kota) – Sesosok bayi perempuan masih hidup ditemukan warga di depan Masjid Al Falah, Sadang, Purwakarta, Senin (10/10). Kejadian itu sontak membuat geger warga.

Bayi malang itu pertama kali ditemukan seorang ibu saat berada di sekitar mesjid. Lalu, ibu itu berteriak memanggil-manggil nama Ketua DKM Al Falah, Suhara. “Pak, ini saya menemukan bayi,” kata Suhara menirukan si ibu.

Suhara mengungkapkan, bayi saat ditemukan dalam keadaan terbungkus kantong plastik hitam di tas warna kuning. “Karena dalam kondisi hidup, saya langsung berinisiatif membawa bayi perempuan ke Rumah Sakit Asri Purwakarta,” ujarnya.

Di RSIA Asri, langsung ditangani Tim Medis dan ditempatkan di dalam inkubator. Bayi tersebut diperkirakan lahir secara prematur karena beratnya hanya 1 kilogram saja.

“Kondisinya tidak begitu bagus, tetapi akan kita upayakan semaksimal mungkin. Untuk keadaan sementara kita tidak bisa berbuat banyak, berat badan cuma satu kilogram itu karena terlahir secara prematur, di mana usia kandungan kurang lebih tujuh bulan,” kata dokter RSIA Asri, dr. Mahendra.

Mahendra memperkirakan bayi perempuan itu dibuang setelah dilahirkan dua jam sebelum ditemukan. Saat ini, kasus penemuan bayi ini ditangani Kepolisian Resort Purwakarta.

RSIA Asri Purwakarta berkomitmen untuk memberikan penanganan semaksimal mungkin terhadap bayi malang tersebut. “Ini komitmen kami. Apabila pemda tak mengambil alih penanganan terhadap bayi tersebut maka kami siap. Kita lakukan penanganan secara maksimal, mudah-mudahan bisa diselamatkan. Akan kita pantau terus kondisinya,” tegasnya. (dadan)
_____________________________________