Tuesday, 12 November 2019

Kesehatan Raja Thailand Bhumibol Adulyadej Memburuk

Rabu, 12 Oktober 2016 — 21:33 WIB
Warga Thailand berdoa agar Raja Bhumibol Adulyadej segera sembuh dari penyakitnya (reuters)

Warga Thailand berdoa agar Raja Bhumibol Adulyadej segera sembuh dari penyakitnya (reuters)

THAILAND – Kesehatan Raja Thailand Bhumibol Adulyadej masih belum stabil, demikian pernyataan istana pada Rabu (12/10).

“Hasil tes menunjukkan Beliau mengalami infeksi dan hatinya bekerja tidak normal. Dokter telah memberi antibiotik dan menyesuaikan kadar asam dalam darah. Beliau juga telah mendapat bantuan pernafasan dari alat ventilator dan mesin dialisis,” demikian pernyataan Biro Rumah Tangga Istana.

Pernyataan dari istana pada Rabu ini adalah yang ketiga di Oktober sejak istana mengumumkan Raja Bhumibol telah mulai pulih dari infeksi pernafasan. Pernyataan berikutnya yang dikeluarkan hari Minggu kemarin menginformasikan bahwa Raja dalam keadaan tidak stabil setelah mendapat perawatan cuci darah.

Pemerintah Thailand telah meminta warga tetap tenang dan tidak terpancing rumor tentang kesehatan Raja Bhumibol.

Perdana Menteri Prayut Chan-ocha yang juga menjadi pemimpin pemerintah junta telah membatalkan acara di Provinsi Chonburi.

“Perdana Menteri tidak menjalankan tugas resminya di Provinsi Chonburi untuk mempersiapkan pertemuan dengan presentasi rutin tentang hasil kerja pemerintahan dengan Pangeran Vajiralongkorn,” demikian kementerian luar negeri mengatakan.

“Juru bicara pemerintahan meminta warga Thailand tidak menghiraukan informasi tidak jelas yang beredar di media sosial dan hanya menggunakan pengumuman resmi sebagai sumber informasi utama,” tambah kementerian.

Beberapa ratus warga berkumpul di Rumah Sakit Siriraj di kota Bangkok, tempat raja dirawat, untuk mendoakan kesehatannya.(daus)