Tuesday, 12 November 2019

Baznas Akan Pungut Zakat Setiap PNS

Kamis, 27 Oktober 2016 — 15:29 WIB
Ketua Baznas Bambang Sudibyo didamping pengurus Baznas lainnya saat menjelaskan rencanan pembentukan UPZ. (Johara)

Ketua Baznas Bambang Sudibyo didamping pengurus Baznas lainnya saat menjelaskan rencanan pembentukan UPZ. (Johara)

JAKARTA (Pos Kpta) – Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) berencana memungut zakat penghasilan dari setiap PNS (Pegawai Negeri Sipil) di seluruh instansi pemerintah, termasuk  pegawai BUMN melalui UPZ (Unit Pengumpul Zakat) yang dibentuk di setiap instansi.

Demikian disampaikan Ketua Baznas Bambang Sudibyo dalam keterangan di acara uji Peraturan UPZ, di Jakarta, Kamis (27/10). “Peraturan UPZ ini diuji publik, dan setelah itu akan diserahkan kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk diundangkan,” papar Bambang.

Mantan menteri keuangan ini menyatakan peraturan UPZ nantinya sebagai landasan hukum untuk mengumpulkan zakat pegawai di setiap instansi pemerintah, termasuk juga perusahaan swasta dan juga mesjid-mesjid.

“Bahkan UPZ ini akan dibentuk di setiap perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan juga perusahaan asing yang di Indonesia,” terang Bambang yang dalam keterangannya didampingi pengurus Baznas lainnya.

Bambang mengatakan pengumpulan zakat di instansi pemerintah selama ini berlangsung di lembaga pemerintah seperti TNI dan Polri, di Kementerian Agama dan instansi lainnya. “Kami berharap dengan adanya peraturan UPZ nantinya seluruh instansi pemerintah dapat mengumpulkan zakat dari pegawainya melalui UPZ,” papar Bambang.

Namun demikian, menurut Bambang, teknis dalam pengumpulan zakat ini diserahkan UPZ di setiap instansi masing-masing. ‘Kalau ada yang menolak untuk membayar zakat kami tidak mempermasalahkannya karena teknis pengumpulan zakat di serahkan kepada UPZ,” terang Bambang. (Johara/win)