Friday, 15 November 2019

Jokowi Giliran Bertemu dengan MUI, NU dan Muhammadiyah

Selasa, 1 November 2016 — 8:38 WIB
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

JAKARTA (Pos Kota)- Setelah bertemu Prabowo, Presiden Jokowi kembali melakukan silaturahmi dengan tokoh agama. Kali ini Jokowi mengundang pimpinan tiga ormas Islam yaitu MUI, Muhammadiyah dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ke Istana Presiden.

Rencananya pertemuan tersebut digelar pada pukul 10.30 sesuai dengan udangan yang disebar oleh Sekretariat Negara.

Belum diketahui apakah pertemuan itu terkait rencana demo besar-besaran 4 November soal tuduhan terhadap Ahok melakukan penistaan Agama Islam.

Seperti diketahui ada rencana demo akan digelar di beberapa lokasi termasuk depan Istana Merdeka untuk mendesak proses hukum terhadap Calon Gubernur DKI Nomor Urut 2, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Agenda pertemuan dengan MUI, PBNU dan Muhammadiyah siang ini tidak ada di agenda resmi dari Biro Pers Media dan Informasi Istana Kepresidenan. Sama seperti ketika akan bertemu dengan Prabowo kemarin di Sentul. Lalu pada sore harinya, Jokowi mengumpulkan pemimpin redaksi media massa di Istana.

Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi mengakui demo 4 November menjadi salah satu agenda yang dibahas.

Jokowi mengatakan, unjuk rasa adalah hak demokratis warga tapi bukan hak memaksakan kehendak dan bukan hak untuk merusak.

Menurut Jokowi, pemerintah akan menjamin hak menyampaikan pendapat setiap warga negara. Tapi, pemerintah juga akan mengutamakan ketertiban umum.

“Aparat keamanan sudah saya minta bersiaga dan melakukan tugas secara profesional jika ada tindakan anarkis oleh siapa pun,” kata Jokowi.(B)