Friday, 13 December 2019

PTSP Jakbar Terapkan Pendaftaran Online

Selasa, 1 November 2016 — 15:01 WIB
ptsp

JAKARTA (Pos Kota) – Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Jakarta Barat (Jakbar) menerapkan sistem pendaftaran pelayanan secara online tidak lagi dengan sistem antrian tiket. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir praktek percaloan.

Kepala PTSP Jakbar, Johan Girsang,  menjelaskan pemberlakan sistem aplikasi pendaftaran secara online sesuai Surat Edaran Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) DKI Jakarta No, 59/SE/2016 tentang penggunaan aplikasi online.

“Penerapan pendaftaran secara online mulai dilaksanakan tanggal 17 Oktober. Masyarakat yang ingin mengurus pelayanan di PTSP dapat mendaftar melalui http://pelayanan.jakarta.go.id/antrian,” jelas Johan Girsang, Selasa (1/11).

Tujuan diberlakukannya sistem pendaftaran online guna mengurangi kontak langsung antara pemohon dan petugas, serta mengurangi pemohon yang sama memasukkan berkas berulang – ulang yang masuk ke PTSP. “Ini guna meminimalisir praktek percaloan,” ucapnya.

Dengan sistem ini, satu orang pemohon dalam seminggu hanya diperbolehkan mengajukan dua berkas. Setiap harinya jumlah pendaftar atau pemohon pelayanan juga dibatasi hanya 140 pendaftar.

“Dulunya setiap harinya bisa 200 sampai 300 pendaftar atau berkas yang masuk. Tapi sekarang dengan sistem tersebut paling banyak 100 berkas,” ucap Johan.

Diterapkannya sistem pendaftaran online, membuat sebagian warga yang mau mengurus keperluannya di PTSP Jakbar kebingungan. Mereka menilai sistem baru ini kurang disosialisasikan.

“Saya baru tahu kalau sekarang daftarnya online. Inikan jadi rumit dan mempersulit warga, seharusnya yang onlie ada dan yang antrian tiket juga tetap ada, biar warga bisa memilih,” ucap Nurohman.

(tarta/sir)