Friday, 15 November 2019

Mulai Kuda Hitam Hingga Lebaran Kuda

Jumat, 4 November 2016 — 6:47 WIB
lebaran-kuda

BEBERAPA hari ini species kuda mendadak jadi naik daun, dia diperbincangkan dan dipertanyakan banyak orang. Ternyata jika dirunut ke khasanah Bahasa Indonesia
–yang mulai disepelekan anak muda– banyak sekali kosakata yang menyeret dan melibatkan kuda. Setidaknya ada 18 kosakata, tapi karena terbatasnya ruangan, hanya sebagian “kamus” yang bisa dimuat.

Kencing kuda: adalah ungkapan sinis oleh orang yang tak suka sayur asem. Jika bini di rumah menghidangkan lagi-lagi sayur asem, suami akan bilang, “Tiap hari sayur kencing kuda melulu….!” Sepertinya suami model begini pernah nguyup (minum) air kencing kuda.

Tapal kuda: adalah siasat perang darat yang dilakukan oleh pasukan di dunia perwayangan (Perang Baratayuda) sampai militer di dunia nyata. Pasukan mengepung musuh dalam bentuk lebih dari setengah lingkaran seperti layaknya bentuk tapal kuda.

Susu kuda liar: Ini jurus pengobatan orang berpenyakit macam-macam, yang biasa diiklankan radio-radio komunitas Jawa di Ibukota. Dengan minum beberapa botol, penyakit akan hilang segera. Harganya memang relatif mahal, tapi wajarlah. Sebab ketika mengambil susu kuda tersebut, sang pemerah beresiko ditendang kaki kuda. Maklum, kuda merasa jadi korban pelecehan tapi tak bisa mengadu ke polisi.

Kacamata kuda: Orang yang bersikap atau pendirian secara lurus, tak mau melihat kanan dan kiri, apa lagi dipengaruhi pihak lain. Profesi hakim sangat membutuhkannya, karena dalam praktek dunia peradilan banyak oknum yang tengok tengok kiri gara-gara melihat tumpukan uang.

Kuda hitam: Sosok yang semula tak diperhitungkan dalam sebuah pertandingan, tahu-tahu memenangkan pertarungan. Dalam dunia pilkada yang sedang ramai dewasa ini, calon yang elektabilitasnya paling buncit menurut survei, berharap dirinya jadi kuda hitam pada putaran kedua, sukur-sukur putaran pertama.

Lebaran kuda: Nah, ini istilah baru yang diciptakan Pak SBY. Apa makna dan tafsir sesungguhnya, hanya beliaulah yang tahu.– gunarso ts

  • Mohamad Reza

    SBY keren bahasanya…

Terbaru

MRT melintas di tengah ibukota Jakarta. (toga)
Jumat, 15/11/2019 — 9:09 WIB
Apartemen Disiapkan di 5 Kawasan Stasiun Transit
ilustrasi
Jumat, 15/11/2019 — 9:09 WIB
Diintimidasi Jaksa? Laporkan!
Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata. (instagram)
Jumat, 15/11/2019 — 8:57 WIB
Dimas Suka Pedas, Nadine Tanah Pohon Cabei
gebyar karya pertiwi
Jumat, 15/11/2019 — 8:32 WIB
Gebyar Karya Pertiwi 2019 Dipadati Pengunjung