Thursday, 12 December 2019

5 Ribu Pekerja Rentan Dapat Donasi Bank

Minggu, 6 November 2016 — 12:56 WIB
Dirut BPJS Ketenagakerjaan foto bersama usai penyerahan simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan di Riau

Dirut BPJS Ketenagakerjaan foto bersama usai penyerahan simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan di Riau

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 5.000 pekerja rentan mendapat bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Bank Riau Kepri dengan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Mereka mendapat perlindungan selama 3 bulan untuk perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (Jkm). Dengan adanya perlindungan ini, pekerja rentan dapat bekerja dengan tenang untuk meningkatkan taraf hidup mereka dan mencapai kesejahteraan.

“Pekerja yang menerima bantuan perlindungan dari dana CSR ini merupakan para pekerja yang termasuk dalam kategori pekerja rentan, yaitu para pekerja yang bekerja sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk hari itu saja,” kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto dalam siaran persnya, Minggu (6/11/2016).

Para pekerja tersebut, lanjutnya, rentan terhadap kemunduran ekonomi jika mengalami risiko, seperti kecelakaan saat bekerja ataupun meninggal dunia. Para pekerja ini adalah para pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) seperti nelayan kecil, petani, buruh harian lepas, kuli bangunan, pedagang asongan, dan lain sebagainya.

“Harapannya agar ke depan, mereka dapat melanjutkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan mereka secara mandiri,” tutur Agus.

Dijelaskan Agus, pemberian CSR dari bank mitra BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan program Gerakan Nasional (GN) Lingkaran (Perlindungan pekerja rentan), yang bertujuan memberikan perlindungan kepada para pekerja rentan dengan menggandeng perusahaan atau korporasi. “Kami mengembangkan sistem yang memfasilitasi proses donasi ini agar transparan, akuntabel, dan tepat sasaran”.

Agus menjelaskan bahwa nantinya sistem yang dibangun ini merupakan sistem berbasis elektronis/online yang akan menyediakan informasi atau pilihan target donasi pekerja rentan (Donati), besaran dan periode masa donasi, serta pelaporan regular mengenai status kepesertaan Donati.
“Dengan cara ini, kami bersama perusahaan yang ikut serta akan membantu mengurangi kerentanan sosial terhadap pekerja di Indonesia, sekaligus menjadikan mereka para pekerja yang mandiri dan tangguh”, tambah Agus.

Di wilayah Provinsi Riau sendiri, terdapat 473 ribu pekerja yang sudah terdaftar dan didominasi oleh pekerja PU, sedangkan di Provinsi Kepulauan Riau sendiri terdapat 306 ribu pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Sementara wilayah Provinsi Riau juga memiliki potensi pekerja BPU yang cukup banyak, seperti pada sektor pertanian, perikanan dan perburuhan serta jasa kemasyarakatan.

Dengan kondisi ini diharapkan perusahaan lain yang ada di wilayah Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau bisa mengikuti langkah PT Bank Riau Kepri untuk menyalurkan dana CSR mereka untuk perlindungan pekerja rentan.

(tri/sir)