Tuesday, 19 November 2019

Jokowi Anugerahi Pahlawan Nasional KH Raden As`d Syamsul Arifin

Rabu, 9 November 2016 — 14:14 WIB
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

JAKARTA (Pos Kota) – Presiden Jokowi menganugerahkan Pahlawan Nasional 2016 kepada KH Raden As’ad Syamsul Arifin, merupakan tokoh dari Jawa Timur. Pemberian gelar tersebut berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Selain itu, Jokowi juga menyerahkan gelar tanda kehormatan Bintang Mahaputra kepada Almarhum Mayjen TNI (Purn) Andi Mattalata, tokoh dari Sulawesi Selatan, almarhum Letkol Inf (Anumerta) Sroedji, tokoh dari Jawa Timur.

Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, Laksmana TNI Drs Ir Suyono Thamrin menyebutkan, para tokoh yang mendapatkan gelar tanda jasa dengan memenuhi berbagai syarat.

Pertama, pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik, atau perjuangan dalam bidang ilmu lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa

Kedua, tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan. Ketiga, melakukan pengabdiandan perjuangan yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya dan melebihi tugas yang diemban, keempat, pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa, dan lainnya.

Kelima, memiliki kpnsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi. Keenam, melakukan perjuangan yang mempunyai jangkauan yang luas dan berdampak nasional.

KH Raden As’ad Syamsul Arifin mendapatkan gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden 90/TK/2016. Gelar kehormatan Bintang Mahaputra kepada Almarhum Mayjen TNI (Purn.) Andi Mattalata dan almarhum Letkol Inf (Anumerta) Sroedji, berdasarkan Keppres Nomor 91/TK/2016.

(johara/sir)