Monday, 21 October 2019

Pegawai PN Jaktim Berikrar dan Teken Pakta Integritas

Rabu, 16 November 2016 — 19:26 WIB
Penantanganan pakta integritas di PN Jaktim. (Ist)

Penantanganan pakta integritas di PN Jaktim. (Ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Untuk mendorong peningkatan keadilan bagi masyarakat, seluruh pegawai, Hakim, Penitera Muda (Pamud) dan Kepala Sub Bagian (Kasubag) yang bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Timur megucapkan ikrar dan menandatangani pakta integritas.

Ikrar dan penandatanganan pakta integritas yang dihadiri Walikota Jaktim Bambang Musyawardana tersebut menjadi langkah positif untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“ Alhamdulillah, dari PN Jakarta Timur ini sudah melakukan reformasi edukasi dan revolusi mental yang tujuannya menjadikan akreditasi Kantor PN Jaktim ini menjadi yang terbaik dan ini menjadi syarat yang utama,” kata Walikota.

Melalui kegiatan pakta integritas ini diharapkan rasa keadilan yang diperoleh masyarakat dapat terwujud. “Dengan ini kita sudah menyaksikan dan bahkan kami pun juga ikut menjadi saksi menandatangi dari ikrar para hakim itu. Sehingga saya yakin dan percaya rasa keadilan yang akan diperoleh untuk masyarakat dapat terwujud dari Pengadilan Negeri Jakarta Timur ini,” ujar Walikota.

Sementara itu Ketua PN Jakarta Timur Nawawi Pomolango, SH menjelaskan, penandatangan pakta integritas ini merupakan pernyataan atau janji terhadap diri sendiri tentang komitmen melaksanakan tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.

Nawawi melanjutkan, bahwa sesungguhnya makna dari sumpah yang baru saja diucapkan dan pakta integritas yang ditandatangani bentuk suatu kewajiban dan tanggung jawab.

Yakni, menyelenggarakan peradilan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya berdasarkan UUD 1945, serta mempertanggungjawabkan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945. (Inung/win)