Friday, 18 October 2019

Berlaku 6 Bulan

Blanko Habis, Disdukcapil Keluarkan Surat Pengganti e-KTP

Minggu, 27 November 2016 — 14:49 WIB
Direktur Pendaftaran Pendudukan Kemendagri Drajat Wisnu S. (anton)

Direktur Pendaftaran Pendudukan Kemendagri Drajat Wisnu S. (anton)

TANGERANG (Pos Kota) – Surat keterangan perekaman E KTP yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)Kabuptane/Kota untuk sementara dapat dipergunakan pengganti e KTP yang belum tercetak sesuai surat edaran Mandagri No. 471.13/1023/Dukcapil tertanggal 29 September 2016 lalu.

“Yang jelas surat keterangan perekaman E KTP dari Disdukcapil kab/kota sementara waktu dapat menjadi penganti E KTP yang belum selesai dicetak untuk kebutuhan kependudukan dan pengurusan surat lainnya seperti paspor, bank dan lainnya,” kata Direktur Pendaftaran Penduduk Kemendagri, Drajat Wisnu Setiawan di Tangerang Selatan (Tansgel), Minggu (27/11/2016).

Surat keterangan perekaman E KTP berlaku selama enam bulan sejak diterbitkannya surat tersebut, ujarnya. Ini dilakukan karena ketersediaan blanko yang sudah habis dan yang mengeluarkan surat keterangan tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di masing-masing kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Bukan hanya untuk wilayah Kota Tangsel saja tapi seluruh Indonesia memang blanko e KTP sudah habis karena alokasi pencetakan blangko KTP Elektronik untuk seluruh Indonesia dinyatakan gagal lelang. Secara otomatis sekitar 10 juta jiwa masyarakat memang belum memiliki fisik kartu identitas kependudukan dan diharapkan bersabar.

“Namun diharapkan bulan Januari 2017 blangko e KTP yang dibutuhkan seluruh masyarakat Indonesia sudah tersedia lagi,” ujarnya.

(anton/sir)