Friday, 15 November 2019

Tangani Masa Emas Anak, Guru PAUD Harus Berkualitas

Kamis, 1 Desember 2016 — 20:39 WIB
Wakil Walikota Jaksel Tri Kurniadi berfoto bersama pengelola PAUD Kemuning dan PAUD Tunas harapan. (ist)

Wakil Walikota Jaksel Tri Kurniadi berfoto bersama pengelola PAUD Kemuning dan PAUD Tunas harapan. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Guru PAUD harus memiliki mutu dan kualitas yang baik. Karena yang mereka hadapi adalah anak-anak yang tengah memasuki masa emas perkembangan otak.

“Peran guru PAUD untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak amat besar,” kata Wakil Walikota Jaksel Tri Kurniadi saat membuka program pendampingan bagi guru PAUD Tunas Harapan, Kelurahan Cipete Utara dan guru PAUD Kemuning kelurahan Petogogan, kecamatan Kebayoran Baru, Jaksel, Kamis (1/12).

Karena itu menurut Wakil Walikota, guru PAUD harus menguasai strategi permainan dan pembelajaran yang baik. Sehingga mampu menyampaikan materi dengan bahasa yang menyenangkan.

“Bicara dengan anak-anak PAUD, guru harus memiliki bahasa tubuh yang baik, mimik wajah yang menyenangkan dan informatif. Ketrampilan yang seperti itu yang harus dikuasai guru PAUD,” tambahnya.

Program pendampingan guru PAUD tersebut merupakan hasil kerjasama PAUD Institut dengan Pacific Place Jakarta. Pendampingan guru PAUD akan berlangsung selama 6 bulan.

Menurut Ishak Muin, VP Operation Support Services PT Pacific Place, program pendampingan bagi guru PAUD merupakan bagian dari komitmen Pacific Place dalam mendukung program Kota Talak Anak (KLA) yang digagas Pemprov DKI Jakarta. Harapannya, kualitas PAUD akan dapat ditingkatkan tidak hanya dari segi sarana prasarana tetapi juga kapasitas tenaga pendidik dan orangtua.  “Ini menjadi kunci penting keberhasilan belajar anak-anak PAUD,” kata Ishak.

Selama program pendampingan, kedua PAUD tersebut yakni PAUD Tunas Harapan dan PAUD Kemuning akan mendapatkan pelatihan, peningkatan kualitas sarana dan prasarana, penataan ruang kelas, studi banding serta kegiatan parenting dan konseling bagi guru dan orangtua murid. (inung/win)