Monday, 21 October 2019

Menag: Presiden Jokowi Putuskan Sendiri Sholat Jumat di Monas

Jumat, 2 Desember 2016 — 13:47 WIB
Presiden Jokowi dan Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berjalan kaki menuju Monas. (yendhi)

Presiden Jokowi dan Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berjalan kaki menuju Monas. (yendhi)

JAKARTA (Pos Kota) –Menterio Agama (Menag), Lukman Hakim Saifudin, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan sendiri untuk melaksanakan sholat Jumat di Monas, bersama peserta aksi 212, Jumat (2/12/2016).

“Presiden memutuskan dengan pertimbangan berbagai kalangan, putusan diambil langsung oleh Bapak Presiden, (keputusan diambil) mendekati sholat Jumat,” ungkapnya usai mendampingi Jokowi sholat Jumat di Monas. “Alhamdulillan umat mengapresiasi Bapak Presiden, ditunjukkan dengan sambutan luar biasa.”

Menurutnya, Jokowi merasa perlu hadir di Monas secara langsung untuk menyampaikan terima kasih. Juga mengapresiasi peserta aksi yang tulus mendokan dengan iklas untuk kedamaian kelangsungan bangsa dan negara.

(Baca: Habis Shalat Jumat, Jokowi Teriakkan Takbir)

Ia mengakui ada diskusi sebelumnya terkait keadaan cuaca. “Cuaca, di luar dugaan sejak keluar istana sampai di luar istana hujan deras. Beberapa saat terhenti, sebagian mengusulkan mengurungkan saja karena hujan deras, tapi sebagian usul meneruskan. “Presiden memtuskan untuk terus, dua kali saya saksikan, sampai sana (Monas) hujan lebat. Sholat ditenda,” jelasnya.

(Baca: Habis Shalat Jumat, Jokowi Teriakkan Takbir)

Menag mengharapkan setelah ini tak ada lagi aksi serupa. Alasannya, tuntutan tengah diproses hukum. “Kita tunggal menuggu proses pengadilan, menanti, mengawal,” ujarnya. “Jadi hemat saya, aksi tak perlu dilakukan lagi.” (*/yp)