Wednesday, 20 November 2019

Panglima TNI Bantah Minta Bantuan Dana

Jumat, 9 Desember 2016 — 22:18 WIB
Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (dok. toga)

Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (dok. toga)

JAKARTA (Pos Kota) –Sebuah akun facebook mengatasnamakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengunggah berita berjudul #PrayForAceh, 7 Desember 2016. Akun itu juga memuat himbauan dari Panglima TNI yang meminta donasi guna membantu korban gempa Aceh.

Ternyata itu adalah palsu dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. “Itu fitnah dan tidak benar,” kata Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto S.Sos, M.Si., melalui siaran pers yang dikirim ke redasi Poskotaonline.com, Jumat (9/12).

Kapuspen menegaskan bahwa akun yang memuat berita tersebut adalah fitnah. Akun itu juga bukan milik Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. “Pemilik akun facebook tersebut hanya ingin mencari keuntungan pribadi dengan memanfaatkan nama Gatot Nurmantyo,” ucapnya.

Dikatakan, bahwa berita yang diunggah di media sosial tidak berdasarkan fakta. “Penyebaran isu ini sangat mencemarkan nama baik Jenderal TNI Gatot Nurmantyo secara pribadi maupun institusi TNI,” tegasnya..

Sementara itu, sejumlah anggota TNI telah diberangkatkan ke Aceh, Rabu (7/12/2016) untuk memberikan bantuan. Pasukan yang diberangkatkan Panglima TNI berjumlah 218 personel prajurit TNI . Mereka tergabung dalam Satgas Kesehatan TNI, terdiri 82 prajurit Yonkes Kostrad TNI AD, 61 prajurit Marinir TNI AL dan 31 personel Basarnas.

RS. Mintohardjo TNI AL mengirimkan 6 orang dr. Spesialis, 1 orang dr. Umum dan 35 orang Kes Marinir terdiri dari 2 dr. Umum dan 33 personel kesehatan Marinir ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), untuk membantu korban gempa. (us)