Monday, 14 October 2019

Satu Guru Dengan Kanjeng Dimas, Dua Dukun Palsu Tipu Rp7 Miliar Ditangkap

Kamis, 15 Desember 2016 — 14:56 WIB

BANDUNG (Pos Kota) – Dua dukun mengaku satu guru dengan Kanjeng Dimas Taat Pribadi, ditangkap di tempat praktiknya di Kampung Mangunreja, Cikajang Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kedua dukun Agus Domba,47, dan Yudhi Permana,56, selama dua tahun praktek berhasil menyikat Rp7 miliar.

“Jumlah korban yang sudah tercatat ada 21 orang. Kemungkinan bisa bertambah,“ kata Wadir Reskrimsus Polda Jabar AKBP Diky Budiman, Kamis (15/12/2016).

Keduanya ditangkap setelah ada laporan perihal dugaan dukun palsu yang modusnya mirip Kanjeng Dimas. Tim yang diturunkan, berhasil membongkar praktek penipuan 8 Desember 2016 lalu dan keduanya kini mendekam di kamar tahanan. “ Barang bukti yang diamankan 21 Koper, ember, mobil, motor, alat ritual, dan uang jutaan rupiah,“ ucapnya.

Diky mengungkapkan, selama dua tahun beroprasi, kedua dukun ini berhasil memperdaya 21 korban. Uang yang sudah ditarik Rp 7 miliar. Para korban lanjutnya, hanya diberi pernak pernik berupa jimat alat ritual, dan satu ember uang.

Penipuanya, demikian Diky, kedua tersangka kepada korban mengaku bisa menggnadakan uang 10 kali lipat. Modusnya, ia menyimpan uang palsu di ember yang sudah duganjal bantai. Di bagian oermukaan ember disimpan uang asli. “ Ember itu bawahnya diganjal bantal sehingga kelihatan uang itu satu ember,“.

Para korban baru sadar terkena tipi ketika pulang. Uang yang ada diember diambil dan jumlahnya sedikit. Di bagian bawah hanya didapati bantai.

Buntut oerbuatan tersebut kedua dukun diganjar pasal 378, 372, jo pasal 55, ayat 1 KUH Pidana dan UU RI no 8 tahun 2010 tentang pencucian uang. Ancaman 20 tahun penjara serta denda 10 miliar, pungkas Diky.

(dono/sir)