Saturday, 14 December 2019

Dua Bangunan Mewah di Pluit Diobrak-abrik Petugas

Sabtu, 17 Desember 2016 — 16:44 WIB
Petugas merobongkan bangunan mewah di Jalan Pluit Karang dengan alat berat. (wandi)

Petugas merobongkan bangunan mewah di Jalan Pluit Karang dengan alat berat. (wandi)

JAKARTA(Pos Kota) – Dua bangunan mewah di Jalan Pluit Karang Jelita, no.41-41A Blok N5 Barat, Kav no 3, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, dibongkar paksa petugas. Ini dilakukan karena bangunan tersebut tidak sesuai izin mendirikan bangunan (IMB).

Kepala Suku Dinas Penataan Kota Jakarta Utara, Marbin Hutajulu mengakui pihaknya melakukan pembongkaran bangunan mewah di Jalan Pluit Karang.

Penindakan tegas ini dilakukan karena pemilik mengurus IMB keperuntukannya  rumah tinggal. Namun kenyataannya tidak sesuai dan lebih menyerupai rumah toko sehingga pihaknya mengambil tindakan tegas.

“Sebelum kami mengambil tindakan tegas kami sudah beri peringatan sejak November. Namun hingga batas waktu yang sudah kami tentukan  pemilik tidak mengindahkan makanya kami memgambil tindakan tegas membongkarnya,” ujar Marbin, Sabtu (17/12).

Dalam pembongkaran ini pihaknya menerjunkan sebanyak 25 petugas dibantu satu unit alat berat bechoe. Sedangkan pengamanan melibatkan sebanyak 15 personel gabungan TNI dan Kepolisian.

Sementara itu Kepala Seksi Penertiban Sudin Penataan Kota Jakarta Utara, Yudho Eko Prasetio mengatakan, sebelum ini pihaknya juga melakukan pembongkaran satu unit bangunan di Jalan Vikamas Timur Blok A II nomor 37. Bangunan dibongkar juga karena tidak sesuai IMB.

“Kita bongkar menggunakan bechoe, ini kami lakukan sebagai wujud bahwa Sudin Penataan Kota Jakarta Utara terus berkominten menindak bangunan-bangunan yang melanggar. Dengan tindakan tegas ini kita berharap memberikan efek jera dan masyarakat mengurus izin sesuai aturan,” tandas Yudho. (wandi/win)