Saturday, 19 October 2019

Penyerapan APBD DKI Baru 75 Persen

Sabtu, 17 Desember 2016 — 7:04 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta terus menggeber penyerapan anggaran daerahnya. Pasalnya dengan sisa waktu 15 hari untuk tutup tahun, penyerapan anggaran baru mencapai 78 persen dari total Rp62,91 triliun.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan penyerapan sementara sudah mencapai 78 persen. Total penyerapan APBD akan diperbaharui pada pekan depan. Ditargetkan penyerapan tahun ini bisa mencapai 85 persen. “Nilai ini akan diupdate lagi minggu depan. Target kami tetap 85 persen, kamu yakin bisa dicapai,” ucapnya.

Dia mebambahkan ada beberapa faktor yang membuat penyerapan tidak bisa maksimal. Salah satunya yakni ada beberapa proyek pembangunan yang dibatalkan. Seperti rumah susun (rusun), rehab sekolah, flyover, serta underpass.

“Mengapa ini agak terlambat karena ada beberapa proyek sedang distop. Jadi tahu sendiri urusan distop itu mempengaruhi sekali realisasi dan juga pengadaan lahan,” tandasnya.

PENYERAPAN MENINGKAT

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu optimistis hingga akhir Desember 2016 nanti penyerapan anggaran mencapai 80 persen lebih, atau meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 70 persen.

“Saat ini sudah 70 persen lebih yang dilaporkan, estimasi realisasi penyerapan tahun ini sekitar 80 persen,” ujar Budi Utomo, Bupati Kepulauan Seribu.

Budi menjelaskan, peningkatan penyerapan karena tahun ini banyak proyek yang jalan seperti perbaikan dan pembangunan dermaga, pengadaan kapal, serta proyek pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) oleh Sudin Tata Air. Sementara tahun lalu banyak yang gagal lelang.

“Secara umum, Sudin Tata Air sumbang penyerapan terbanyak sampai 70 persen. Harusnya bisa lebih karena masih ada yang gagal tidak sesuai target yaitu pembangunan IPAL di Pulau Panggang,” tandasnya.(guruh)