Thursday, 14 November 2019

45 Profesor Dari Berbagai Negara Bakal Pulang ke Tanah Air

Minggu, 18 Desember 2016 — 15:18 WIB
Para profesor diaspora yang siap mengajar menjadi dosen tamu di sejumlah PTN di Indonesia. (ist)

Para profesor diaspora yang siap mengajar menjadi dosen tamu di sejumlah PTN di Indonesia. (ist)

JAKARTA (Pos Kota)- Untuk memberikan energi baru bagi dosen dan mahasiswa di Indonesia, sebanyak 45 orang profesor yang tergabung dalam Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional siap pulang kampung. Mereka yang datang dari berbagai negara tersebut akan menjadi dosen tamu di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Beberapa diaspora yang dipastikan ambil bagian dalam kegiatan visting world class professors ini antara lain Taruna Ikrar (ahli neurosains yang diusulkan menerima nobel), Sumarsam (profesor bidang etnomusikologi), Justinus Satrio (profesor bidang biomassa), Tjandra Yoga (profesor bidang kesehatan) dan lainnya.

“Kami ingin berbagi ilmu berbagi pengalaman dan tentu saja support untuk mahasiswa di Indonesia,” jelas Deden Rukmana.

Menurutnya para diaspora memiliki potensi besar untuk ikut memperbaiki dan meningkatkan mutu kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Potensi tersebut tentunya dalam bidang akademik seperti riset, penulisan jurnal ilmiah dan pertukaran pelajar.

Hal-hal terkait dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki para diaspora ini harus memberikan manfaat bagi Tanah Air.

“Kami memang belajar, bekerja dan kini hidup di negeri orang. Tetapi darah yang mengalir pada tubuh kami, jiwa yang bersemayam di dada kami tetap Indonesia,” tambah Deden.

Itu sebabnya para diaspora siap menunjukkan baktinya jika memang negara memanggilnya. Salah satu kegiatannya adalah memberikan kuliah umum ke sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dalam sepekan ke depan. Ke-40 diaspora setingkat profesor dari berbagai displin ilmu akan berbagi ilmu dengan para mahasiswa di Indonesia.
(faisal/sir)