Tuesday, 22 October 2019

Pohon Tumbang Timpa Dua Mobil Lukai Empat Orang

Senin, 9 Januari 2017 — 19:59 WIB
Pohon trambesi tumbang timpa mobil

Pohon trambesi tumbang timpa mobil

MEDAN (Pos Kota) – Empat orang luka, setelah pohon trembesi tumbang dan menimpa dua mobil di Merdeka Walk, Jalan Balaikota, Medan, Senin (9/1).

“Saat kejadian dua mobil yakni Mazda 2 BK 1531 IW dan Honda CRV BK 69 UB tertimpa pohon dan rusak berat,”kata Udin, satu warga.

Belum diketahui penyebab tumbangnya pohon berdiameter sekitar 3,5 meter. Namun, menurut warga pohon tersebut tiba-tiba saja tumbang.

Keempat korban masing-masing Asri,41, warga Jalan Merdeka, Simpang 4, Desa Kampung Lalang, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Yusman,43,Handi,41, dan Fachreza,13, warga Jalan Pukat 7, Gang Permai.

Seluruh korban langsung dilarikan ke RS Malahayati di Jalan Kejaksaan, Medan.

Kadis Pertamanan Kota Medan Zulkifli Sitepu mengatakan Pemkot Medan belum bisa bertanggung jawab terhadap korban luka maupun mobil yang tertimpa dalam peristiwa ini. Pasalnya, kejadian itu karena bencana.

Namun, Zulkifli, menyebutkan pihaknya bersama Dinas Pertanian dan Kelautan dan pengelola Merdeka Walk, akan melakukan pengkajian terhadap pohon yang ada di sekitar Lapangan Merdeka.

Dia juga mengaku, bahwa yang merawat pohon tersebut adalah pihak Manajemen Merdeka Walk. “Mereka yang merawat, bukan kita. Kita sudah mengimbau pihak manajemen untuk melakukan perawatan,” ucapnya.

Zulkifli menambahkan, salah satu faktor yang menyebabkan pohon tersebut tumbang karena sudah tua dan akarnya yang kering.

Tim dari BPBD Medan sendiri langsung turun ke lokasi dan memotong batang pohon yang melintang di badan Jalan Balai Kota Medan. Akibat kejadian itu, arus lalulintas macet total. Petugas memerlukan waktu 30 menit untuk menyingkirkan batang pohon besar tersebut. (samosir)