Friday, 06 December 2019

135 Anggota Dewan dari Daerah Berguru ke DPRD DKI

Rabu, 1 Februari 2017 — 0:16 WIB
Acara kunker DPRD dari empat daerah ke DPRD DKI Jakarta. (Joko)

Acara kunker DPRD dari empat daerah ke DPRD DKI Jakarta. (Joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 135 anggota DPRD dari empat wilayah kota berguru ilmu ke DPRD DKI Jakarta. Mereka ingin mengetahui lebih jauh soal tunjangan kinerja daerah (TKD) dan proses penyusunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah dilaksanakan di jajaran Pemprov DKI Jakarta.

Rombongan wakil rakyat masing-masing berasal dari anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah serta Kota Semarang dan Batam.

Mereka mendapatkan arahan dari Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik didampingi sejumlah anggotanya. “Pemprov DKI awal Januari sudah berhasil melakukan penyusunan OPD baru,” ujar Taufik di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Penyusunan OPD tersebut memangkas lebih dari 1.000 jabatan di jajaran eselon II, III, dan IV. Jumlah jabatan sebelumnya lebih dari 6.000 jabatan dan kini telah dihapus lebih dari seribu jabatan. “Masih ada sekitar 5.000 jabatan lebih dikit. Adapun jumlah SKPD dari semula 52, sebagian dihapus dan digabungkan, kini menjadi 43 SKPD,” papar Taufik yang juga Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda).

Menurutnya, pemangkasan ini dilakukan menindaklanjuti keputusan pemerintah pusat melalui Mendagri dan Menpan-RB. “Karena ada beberapa jabatan yang dihilangkan, maupun SKPD baru, maka kerja kita wajib menyesuaikan dengan kondisi yang ada,” tambah Taufik di hadapan anggota dewan dari empat daerah.

Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Sukirman mewakili rombongan menyampaikan terima kasih atas penjelasan yang dilakukan DPRD DKI. “Hasil kunjungan kerja (kunker) ke DPRD DKI Jakarta hari ini akan dijadikan bahan masukan saat rapat bersama pihak eksekutif di wilayah nanti,” ujar Sukirman. (Joko)