Thursday, 14 November 2019

Irene Siap Bikin Sejarah di Kejuaraan Catur Dunia

Kamis, 2 Februari 2017 — 7:50 WIB
Irene Kharisma

Irene Kharisma

JAKARTA (Pos Kota) – Pecatur putri terbaik Indonesia, IM/WGM Irene Kharisma Sukandar kembali bakal mencetak sejarah dengan mengikuti Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2017 yang berlangsung di Teheran, Iran pada 10 Februari – 5 Maret mendatang.

Pecatur berusia 25 tahun berhasil lolos kualifikasi Kejuaraan Dunia Catur Putri 2017 dengan status sebagai Juara Asia 2014.

Bagi Irene, ini adalah Kejuaraan Dunia keduanya. Sebelumnya, pecatur kelahiran 7 April 1992 silam itu sudah mengikuti ajang serupa di Sochi, Rusia pada bulan April 2015 lalu dengan status sebagai juara Asia 2012.

Sayang, Irene (2415) yang menjadi unggulan ke-39 saat itu, tersingkir pada putaran pertama dari pecatur asal Georgia, Salome Melia (2459) yang menjadi unggulan ke-26. Ia tersingkir pada play-off catur cepat (0-2) setelah bertarung ketat 1-1 pada standar.

Kali ini, Irene yang memiliki rating 2421, sebagai unggulan ke-32 sebagai pecatur profesional, berharap bisa menembus babak semifinal di Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2017.
“Ini turnamen pertama saya sebagai profesional. Jadi perjalanan saya sebagai profesional, masih sangat panjang sehingga kejuaraan dunia ini bisa menjadi kesempatan bagi saya untuk membuka jalan menjadi salah satu pecatur terbaik, tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia sebagai profesional. Tentu saya juga sudah melakukan persiapan dengan mengikuti berbagai turnamen, sembari menempuh oendidikan paska sarjana,” tandas Irene yang telah memiliki bekal setelah selama dua tahun berlatih bersama Susan Polgar, sembari kuliah paska sarjana di Webster University di St. Louis, Amerika Serikat. (junius)