Tuesday, 12 November 2019

Kemenkes dan KPPU Sepakat Cegah Monopoli Bidang Usaha Kesehatan

Jumat, 10 Februari 2017 — 17:59 WIB
KPPU Muhammad Syarkawi Rauf dan Menkes RI Nila F. Moeloek memberi keterangan usai MoU

KPPU Muhammad Syarkawi Rauf dan Menkes RI Nila F. Moeloek memberi keterangan usai MoU

JAKARTA (Pos Kota) – Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek dan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Muhammad Syarkawi Rauf menandatangani nota kesepahaman (MoU) sebagai bentuk komitmen dalam pencegahan dan penanganan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat di bidang kesehatan.

Pasalnya industri kesehatan seperti farmasi, pelayanan kesehatan, pemenuhan fasilitas kesehatan, serta pembiayaan kesehatan dalam pelaksanaannya memungkinkan adanya praktik monopoli semu.

“Misalnya, dalam industri obat yang sangat dipengaruhi pasar. Ada juga monopoli yang dikaitkan dengan harga obat,” kata Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek usai menandatangani MoU, Jum’at (10/2).

Menurut Nila, untuk mencegah terjadinya praktik tersebut diperlukan kesepahaman dan kerjasama yang lebih erat terkait wewenang masing-masing institusi yang diwujudkan dalam bentuk nota kesepahaman.

Nota kesepahaman ini bertujuan mewujudkan pencegahan dan penanganan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat di sektor kesehatan. Ruang lingkupnya adalah harmonisasi dan koordinasi kebijakan persaingan usaha, sosialisasi prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat dan peraturan bidang kesehatan.

“Persaingan usaha yang sehat dibutuhkan dalam mendorong pertumbuhan industri dan perdagangan untuk tujuan pembangunan kesehatan,” tambah Menkes.

Dalam upaya pelayanan kesehatan biaya yang dibutuhkan terus mengalami peningkatan. Di lain pihak mutu pelayanan kesehatanpun harus terus ditingkatkan, termasuk dalam memberikan akses seluasnya pada masyarakat akan sumber daya kesehatan yang mencukupi.

Pelaksanaan MoU nantinya akan diatur lebih lanjut oleh kedua pihak dalam bentuk perjanjian kerjasama. Menkes berharap seluruh pihak agar terus mendukung dan bekerjasama dalam upaya terciptanya persaingan usaha yang sehat khususnya dibidang kesehatan. (Faisal/win)